Juliari Batubara, Pengusaha Pelumas yang Didapuk Jadi Mensos

0
Politisi PDIP Juliari Batubara tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10). Foto: Antara

Oleh: Eko P

Semaranginside.com, Jakarta – Anggota Komisi VI DPR dari fraksi PDI Perjuangan Juliari Batubara menjadi perbincangan publik setelah dipanggil oleh Presiden Joko Widodo hari ini di Istana Negara, Selasa (22/10). Siapa sebenarnya Juliari Batubara?

Juliari P. Batubara adalah Wakil Bendahara Umum PDIP, saat ini dia juga anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024. Sebelumnya, ia berada di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM & BUMN, dan standarisasi nasional.

Pria kelahiran 22 Juli 1972 ini sebenarnya adalah pengusaha yang kemudian terjun ke politik dengan menjadi anggota Badan Pemenangan Pemilu Pusat PDIP pada 2003 dan 2008. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada 2010, Juliari didapuk menjadi Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan.

Baca Juga:  Bahaya Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Jauh sebelum berkecimpung ke dunia politik yang hingar bingar. Juliari menduduki kursi empuk sebagai Direktur Utama PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, perusahaan ini bergerak di bidang pelumas kendaraan bermotor dengan produk andalan Pennzoil dan Evalube. Jebolan Riverside City College Amerika ini juga menjadi Direktur Utama PT Arlinto Perkasa Buana, juga beberapa jabatan puncak lainnya di perusahaan swasta.

Di sela kesibukannya menjadi pengusaha, Juliari pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) tahun 2003 – 2011, dan pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia mulai dari tahun 2002 – 2004.

Di PDIP, alumnus SMAN 8 Tebet Jakarta ini mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2014 silam. Juliari terjun ke wilayah kandang banteng, yakni Daerah Pemilihan Jawa Tengah I dengan perolehan suara sebanyak 128.956.

Baca Juga:  Fachrul Razi, Menteri Agama dari Militer Pertama Sejak Reformasi

Kini, Juliari dipercaya Jokowi untuk menduduki posisi Kementerian Sosial yang sebelumnya dipegang oleh Agus Gumiwang Kartasasmita. Selanjutnya Juliari juga akan mundur sebagai anggota DPR.

“Saya harus mundur, tapi nanti akan diserahkan ke partai, siapa yang akan menggantikan,” tambah Juliari.

Juliari juga sempat bertemu dengan mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang yang juga dipanggil Presiden Jokowi pada hari ini.

“Tadi ketemu dengan Pak Agus di holding room, ngobrol sebentar dan memang ada beberapa program yang sudah berjalan baik tetap akan dijalankan kalau ada yang bisa diperbaiki kita perbaiki, namun saya belum bisa terlalu detail menjawab,” ucap Juliari. (EP/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of