Kampanye Terbuka, Peserta Dilarang Pawai

0
Komisioner KPU Jateng, Diana Ariyanti.

Ole: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Kampanye terbuka Pemilu 2019 akan dimulai Minggu (24/3) hingga 15 April 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah menyusun jadwal dan membagikan pada KPU di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan seluruh peserta pemilu.

Komisioner KPU Jawa Tengah Diana Ariyanti mengatakan ada beberapa hal yang mesti dipatuhi oleh peserta pemilu dalam kampanye terbuka yang telah tertuang pada Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 Pasal 42-45.

Pertama, harus sesuai jadwal dan lokasi yang telah ditetapkan. Jangan sampai menyalahi jadwal dan bisa menimbulkan gesekan antarpeserta pemilu.

Baca Juga:  Pelaksanaan UNBK, Ombudsman Temukan Pengawas Telat dan Siswa Bawa HP

Kedua, waku pelaksanaan kampanye terbuka juga dibatasi mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB. “Tempat telah ditetapkan, dan waktu juga dibatasi. Harus sudah selesai pukul 18.00,” kata Diana, Sabtu (23/3).

Pelaksanaan kampanye terbuka dapat di laksanakan di lapangan, stadion, alun-alun atau tempat terbuka lainnya. Sebelum pelaksanaan, peserta kampanye wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada kepolisian, KPU, Bawaslu di wilayah setempat. Pemberitahaun mencakup hari, tanggal, jam, lokasi kegiatan, pelaksana atau tim kampanye, perkiraan jumlah dan penanggungjawab.

“Peserta kampanye yang menggunakan kendaraan bermotor secara rombongan atau konvoi saat berangkat atau pulang dilarang melakukan pawai,” jelasnya.

Baca Juga:  OTT KPK Tangkap Bupati Kudus, 8 pejabat dan Uang Suap

Mereka baru diperbolehkan melakukan pawai setelah melakukan pemberitahuan lebih dulu pada kepolisian. Saat pawai, peserta konvoi juga dilarang melanggar aturan lalu lintas.

Perihal jumlah peserta kampanye terbuka, tak dibatasi. Namun yang menjadi catatan adalah jumlah peserta harus disesuaikan dengan daya tampung lokasi.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah Rofiudin mendorong masyarakat ikut melakukan pengawasan dalam pelaksanaan kampanye terbuka. Bawaslu akan berkolaborasi aktif dengan mendukung pemantauan masyarakat.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of