Kartunis Jepang Sindir ‘Tragedi’ Pemilu Indonesia Lewat Karikatur

0
onanhiroshi.com.

Oleh: M Aulia Rahman

Semaranginside.com, Jakarta – Kartunis Jepang Onan Hiroshi kembali melontarkan sindirannya kepada Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu menyoroti penggunaan kotak suara berbahan karton dupleks untuk Pemilu Serentak 2019, kini Onan mengkritisi ratusan petugas yang berguguran akibat pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia.

Kritikan itu dituangkan Onan Hiroshi lewat sejumlah karikatur yang dia tampilkan pada laman blog pribadinya, onanhiroshi.com. Karikatur pertama yang dia unggah pada Senin (6/5) pekan lalu, menggambarkan banyaknya korban meninggal dunia akibat proses pemilu serentak di Indonesia.

Baca Juga:  KPU Pangkas Masa Kampanye Pilkada 2020

Sementara, pada karikatur kedua yang dia unggah pada Kamis (9/5) lalu, terdapat kiasan yang menggambarkan para petugas pemilu yang terlalu banyak bekerja tapi kurang waktu istirahat, sehingga mereka pun berguguran. Gambar tersebut disertai sindiran dalam Bahasa Inggris.

Pada Jumat (10/5) kemarin, dia kembali mengunggah karikatur terkait kondisi terakhir jumlah korban meninggal yang mencapai 573 jiwa selama proses Pemilu 2019. Karikatur terakhir ini juga disertai komentar masyarakat Jepang (dalam Bahasa Indonesia) bahwa ratusan petugas pemilu yang gugur itu sejatinya adalah “korban”, bukan “pahlawan” seperti yang kerap disebut oleh pejabat KPU.

Baca Juga:  23 Sanggar Adu Kreasi di Festival Tari Jateng

(AIJ/Ags/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of