Kebakaran Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio Sumbang Rp 71 Miliar

0
Leonardo DiCaprio. Foto: plant based news

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Kerusakan parah yang diakibatkan dari peristiwa kebakaran hutan Amazon, Brazil, aktor peraih Oscar Leonardo DiCaprio menggalang dana sebesar USD 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar. Dilaporkan oleh BBC, Selasa (27/8), Earth Alliance, organisasi lingkungan yang didirikan dan dipimpin Leonardo DiCaprio bersama Laurene Powell Jobs dan Brian Sheth, mendonasikan uang senilai US$ 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar.

Melalui Earth Alliance ini, Leonardo meluncurkan kampanye Amazon Forest Fund pada Minggu, 25 Agustus 2019. “Seratus persen donasi Anda akan diberikan kepada mitra yang bekerja di lapangan untuk melindungi Amazon,” tulis Leonardo DiCaprio di akun Instagramnya.

Baca Juga:  Asap Kebakaran Hutan Sebabkan Sesak Nafas

Dana tersebut nantinya akan didistribusikan pada lima kelompok lokal yang bekerja mengatasi masalah kebakaran di hutan Amazon, yakni Instituto Associacao Floresta Protegida, Coordination of the Indigenous Organizations of the Brazilian Amazon, Instituto Kabu, Instituto Raoni, dan Instituto Socioambiental.

Kebakaran di hutan Amazon dilaporkan merupakan yang terparah dibanding periode yang sama pada 2018 silam. “Kami sangat prihatin dengan krisis yang terjadi di Amazon, terutama karena berkaitan dengan keseimbangan yang rapuh antara iklim, biodiversitas, dan kesejahteraan masyarakat asli di sana,” begitu isi pernyataan resmi dari Earth Alliance.

Baca Juga:  Karhutla Merbabu Tak Kunjung Padam, BPBD Siapkan Water Bombing

Sebelumnya, lewat akun Instagram-nya Leonardo DiCaprio juga sempat berbicara mengenai langkah khusus yang diambil organisasinya ini dalam melawan kebakaran Hutan Amazon.

Lantas, bagaimana bila seseorang tidak mampu menyumbang? Tidak perlu khawatir, pria 44 tahun ini mengatakan masih ada cara lain untuk ikut membantu Amazon.

“Bila kalian tidak bisa berkontribusi, ikuti [akun] @EarthAlliance dan sebarkan pesannya sehingga kami bisa mengumpulkan aksi dan membuat perubahan. Kami harap kalian bisa bergabung, apa pun yang kalian bisa.” ujar Leonardo. (*/dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of