Kecanduan Gadget, 8 Anak Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

0
Ilustrasi. Kecanduan gadget. Foto: Antara.

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Sebanyak 8 anak dari Kota Semarang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo Semarang dikarenakan kecanduan gadget atau gawai. Kebanyakan dari mereka yang dirawat dikarenakan kecanduan game online.

Psikolog Klinis RSJD Amino Gondohutomo, Sri Mulyani mengatakan usia anak yang kecanduan gadget tersebut mulai dari anak SD kelas 4 sampai SMP. Sebanyak 8 anak tersebut harus rawat inap dan menjalani terapi selama 21 hari karena kondisi kejiwaannya.

“Mereka marah ketika gawai diambil. Mereka sudah tidak bisa diajak komunikasi jika sudah sibuk dengan gawainya. Mau tidak mau harus dengan obat untuk menenangkan,” katanya, Kamis (31/10).

Baca Juga:  Sandiaga : Kesejahteraan Guru Harus Jadi Prioritas

Sri berpesan, jika orangtua melihat perilaku anak sudah mulai kecanduan gawai, langkah awal sebanrnya bisa ke psikiater terlebih dahulu. Setelah kondisi baik maka ada terapi psikologis.

Menurut Sri permasalahan kecanduan gawai pada anak banyak terjadi, namun orang tua ada yang masih enggan membawa mereka ke RSJ. Mereka merasa bisa mengatasi hal tersebut sendiri dan lebih memilih untuk tidak menindaklanjuti gangguan tersebut.

Sri menyayangkan, selama ini stigma masyarakat memandang bahwa RSJ hanya untuk orang gila berat. Padahal ketergantungan pada gadget juga merupakan sebuah gangguan kejiwaan yang seharusnya juga dibawa ke RS.

Baca Juga:  Ajukan Putusan Sela, Sigit Ibnugroho; KPU Jangan Lantik Waketum DPP Gerindra

Ia menjelaskan beberapa ciri umum kecanduan gadget pada anak yaitu lupa belajar, lupa kerjakan PR, bangun selalu kesiangan, sering membolos sekolah, kemudian tidak mau lepas dari gawai dan marah ketika gadget diambil.

“Bisa sampai mengganggu aktifitas sehari-hari. Kalau sudah sampai adiksi harus segera diobati,” katanya.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of