Kehilangan Semua Kursi di DPR RI, PAN Siapkan Gugatan

0
Ketum PAN Zulkifli Hasan tiba di kantor DPW PAN Jateng, Rabu (15/5).

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan sudah ada beberapa laporan kecurangan atas hasil Pileg di Jawa Tengah. Untuk itu, pihaknya meminta semua kader mengumpulkan bukti dan siap melakukan gugatan.

Suara PAN di Jawa Tengah benar-benar anjlok pada Pileg 2019 ini. Delapan kursi di DPRD Jawa Tengah periode 2014-2019 akan hilang dua kursi. Lantaran pada Pileg 2019 ini hanya mendapatkan enam kursi.

Parahnya, delapan kursi DPR RI dari Dapil Jateng hilang semuanya. Pada Pileg 2019 ini, PAN sama sekali tak dapat kursi.

“Saya datang ke sini (kantor DPW PAN Jateng) untuk memberikan support. Kalau ada yang merasa dicurangi dan dizalimi maka dikejar. Karena itu hak,” ujar Zulkifli Hasan usai memimpin pertemuan tertutup di DPW PAN Jateng di Kota Semarang, Rabu (15/5).

Baca Juga:  Ini Penjelasan BMKG soal Potensi Gempa Dahsyat dan Tsunami di Jawa

Hadir Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto dan pimpinan DPW serta DPC di Jateng.

Zulkifli menyampaikan sudah ada beberapa daerah yang menyampaikan perihal kecurangan tersebut. “Sudah ada beberapa yang sampaikan. Kalau itu hak kita, maka kita gugat. Tapi kalau memang sudah jujur adil dan kalah, ya sudah,” lanjutnya.

Wakil Ketua DPW PAN Jateng Ahsin Ma’ruf mengatakan sesuai perhitungan sementara dari 10 Dapil Jateng untuk kursi DPR RI tak satu pun yang lolos. Padahal ada delapan caleg petahana yang ikut bertarung. Sejumlah caleg yang semula duduk di DPRD kabupaten/kota dan provinsi juga ikut bertarung di DPR RI.

Baca Juga:  Kloter 56 Terbang, Embarkasi Solo Berangkatkan 20.063 Jamaah Haji

“Kalau ada yang merasa dicurangi maka segera diinformasikan ke DPP dan DPP siap membantu,” kata Ahsin.

Kegiatan ini sekaligus memberikan dukungan dan semangat pada kader PAN. Terlepas dari hasil yang mengecewakan, pertarungan pemilu serentak ini dinilai cukup menguras tenaga dan pikiran. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of