Kementerian Siapkan Rekrutmen Rektor Asing di 2020

2
Menristekdikti M Nasir. Foto:Antara.

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Meski memiliki pemikiran yang sama, namun jika beda orang yang menyampaikan maka beda pula hasilnya. Hal itu terjadi pada ide mendatangkan rektor perguruan tinggi dari luar negeri.

ide ini pernah disampaikan sekitar dua tahun lalu oleh MMenristekdikti M Nasirenristekdikti M Nasir. Namun saat itu ditolak dan dirinya malah di bully. Saat ini pemikiran itu mengemuka kembali dan ingin dijalankan oleh Presiden Jokowi. Maka, menristek bersyukur ide itu bisa dijalankan dan saat ini kementerian tengah menyiapkan teknis rekrutmennya.

Menristekdikti, M Nasir mengatakan keinginan presiden untuk mendatangka rektor dari luar negeri sangat beralasan. Saat ini perguruan tinggi di Indonesia ada 4.700, namun yang masuk daya saing dunia hanya ada tiga.

Baca Juga:  Wiranto Sudah Dioperasi

“Saat saya masuk jadi menteri, hanya ada dua perguruan tinggi yang masuk daya saing dunia. Itu pun masih di urutan 400,” kata Nasir usai acara Rapat Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Unisbank Semarang, Senin (22/7).

Menururtnya, Indonesia tak boleh hanya jago kandang namun melempem di luar negeri. Maka harus dibuat roadmap agar kampus memiliki daya saing tingkat internasional. Salah satu langkahnya adalah mendatangkan rektor yang berkualitas dari luar negeri.

Baca Juga:  Hadiri Hari Batik Nasional, Jokowi Tiba di Solo

Hal serupa juga dilakukan Taiwan, China, dan bahkan Arab Saudi. “Bahkan Arab yang tak masuk di peringkat 800, saat ini rektor dari Amerika 40 persennya. Ditambah dari Eropa dan saat ini masuk 189,” lanjutnya.

Maka dengan adanya perintah dari Presiden tersebut maka Kementerian Ristek Dikti mencanangkan tahun 2020 ada rektor dari liat negeri. “Akan dipetakan lagi. Kami membuat aturan soal rekrutmen. Tapi harus koordinasi dengan Kemenkeu terkait pendanaannya agar tak mengganggu keuangan perguruan tingginya,” jelas Nasir. (Ags)

2
Berikan Komentar

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Indonesiainside.id, Semarang – Saat ini pemerintah tengah menyiapkan teknis rekrutmen rektor asing. Hal ini sesuai dengan perintah dari Presiden Jokowi. Untuk itu Kementerian Ristek Dikti mencanangkan tahun 2020 akan ada rektor dari luar negeri. […]

trackback

[…] Wartamelayu.com, Semarang – Kementerian Ristek Dikti mencanangkan pada 2020 nanti akan ada rektor dari luar negeri. Untuk itu, saat ini pemerintah tengah menyiapkan teknis rekrutmen rektor asing tersebut. Hal ini sesuai dengan perintah dari Presiden Jokowi. […]