Kenali Android Q, Fitur Canggih dan Update Perangkatnya

0
Android 10. Foto: the verge

Oleh: Eko P

Semaranginside.com, Jakarta – Google mengeluarkan sistem operasi Android 10 atau dinamai Android Q pada September yang lalu. Sistem operasi paling gres dari Google ini dapat digunakan beberapa ponsel pada akhir 2019.

Apa saja sih kelebihan Android Q?

Berikut ini keunggulan sistem operasi ini dibandingkan dengan sebelumnya:

Google mengklaim versi ini memiliki Kontrol Privasi Canggih
Privasi menjadi salah satu fokus utama berbagai penyedia software di dunia. Ini maklum, mengingat makin massifnya peretasan dan malware yang setiap hari mengancam aktivitas pengguna. Termasuk di smartphone.

Google mengembangkan Android Q untuk memahami kebutuhan pengguna akan pentingnya privasi. Mereka akan dapat mengelola privasi dengan lebih leluasa dan mudah.

Hal ini berawal dari kesadaran Google atas kelemahan softwarenya terhadap malware. Masih segar dalam ingatan pada awal tahun 2019 ini, malware perbankan bernama Triada yang ditemukan pada sejumlah smartphone Android baru dengan harga terjangkau. Malware ini berhasil melakukan perubahan pada smartphone Android dengan melakukan instalasi back door.

Di sistem privasi Android 10 hal ini diharamkan berbagi lokasi dengan aplikasi tak berijin. Sistem baru ini juga bakal mencegah aplikasi berjalan di latar belakang, serta membatasi perangkat ke data-data permanen, seperti IMEI, nomor seri, dan lainnya.

Mode Gelap atau Dark Mode
Fitur ini merupakan salah satu permintaan pengguna. Untuk itu, Google menghadirkannya di Android Q. Pengguna dapat mengaktifkannya melalui Settings dan masuk ke bagian Display. Dark Mode diklaim mampu menghemat daya baterai.

Notifikasi Canggih & Smart Reply
Android 10 atau Q memiliki panel notifikasi pintar dimana penggunanya dapat mengakses aplikasi secara cepat tanpa membukanya. Selain itu, panel notifikasi di Android Q juga membuat pengguna mudah mengatur dan menemukan pemberitahuan yang paling baru sekaligus untuk mengelolanya.

Baca Juga:  Mau Ganti Handphone, Cek Daftar HP yang Mendukung Sistem Andorid 10

Live Caption 
Fitur ini menarik karena ketika pemakai memutar sebuah video maka secara otomatis akan bisa diterjemahkan ke dalam teks secara langsung (real time). Teks akan terpampang di depan video dan untuk menterjemahkan tak perlu terhubung dengan data atau internet.

Navigasi Gesture Mirip Punya Apple
Navigasi gesture sejatinya sudah ada di Android Pie, namun di Android Q Google tak mau tanggung-tanggung, jadi sudah benar-benar gesture seluruhnya. Pada sistem ini, Google juga telah menghilangkan panel navigasi yang ada di bagian bawah layar. Tombol back, home, maupun recent, hanya cukup dengan melakukan usapan di sisi layar.

Suggested Actions
Fitur ini akan mendeteksi jika ada seseorang yang mengirimkan alamat, maka secara otomatis Android 10 akan mengarahkannya ke Google Maps.

Digital Wellbeing dan Focus Mode
Fitur ini sebenarnya kelanjutan dari Android Pie, dengan bermacam fitur yang disediakan oleh Google, pengguna yang mendapatkan update Andorid 10 akan bisa mengatur keseimbangan dalam penggunaan smartphonenya.

Tak lupa Google juga menyematkan fitur Focus Mode agar pengguna dapat fokus dalam aktivitasnya dan Family Link yakni setelan untuk mode parenting.

Akses Wifi dan Internet Terbaik
Android Q dilengkapi dengan mode high performance dan low latency yang akan mengatur seberapa kebutuhan kecepatan internet akan aplikasi yang digunakan.

Optimal Untuk Ponsel Lipat
Android Q akan bekerja dengan baik di ponsel lipat tak seperti kebanyakan OS sebelumnya. Android Q diklaim memiliki transisi yang mulus dan membuat aplikasi atau game dalam penampilan yang optimal.

Baca Juga:  Perang Dagang AS-China, Huawei Siapkan HongMeng OS

Dynamic Depth
Melalui Android Q, Google menyematkan format foto baru yang disebut Dynamic Depth. Dengan format ini, aplikasi kamera pihak ketiga dapat mengambil gambar dengan lebih baik.

Mudah Berbagi Wi-Fi
Android 10 atau Q juga telah dibekali dengan fitur yang memudahkan pengguna berbagi sinyal Wi-Fi. Juga tanpa perlu menyebutkan SSID atau password ke orang lain.

Mode Desktop
Pengguna Android 10 dapat mengubah tampilan desktop ketika perangkatnya terhubung dnegan monitor atau layar eksternal.

Tampilan Informatif
Google juga membuat penyajian tampilan di Android 10 lebih informatif dan menarik bagi penggunanya. Selain itu pengguna juga akan mendapatkan pemberitahuan serta konsumsi data secara terpisah, data seluler dan Wi-Fi.

Namun, siap-siap saja gigit jari karena tidak semua smartphone akan mendapatkan update OS ini.

Dalam blog yang dirilis Android, jumlah ponsel yang dapat menggunakan Android 10 bertambah menjadi 18 perangkat. Mereka adalah OnePlus, ASUS, LG, Xiaomi, Essential, Motorola, OPPO, Realme, Samsung, Sharp, Sony, Transsion, Vivo, dan Nokia, juga tentu saja Google Pixel.

Berikut daftar lengkap ponsel yang didukung sistem operasi Android 10 versi Slashgear:

1. Google Pixel
2. Google Pixel 2 dan 3
3. Google Pixel XL
4. Google Pixel 2 XL dan 3 XL
5. Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL
6. ASUS Zenfone 5Z
7. Esensial PH-1
8. Huawei Mate 20 Pro
9. LG G8 ThinQ
10. Nokia 8.1
11. OnePlus 6T
12. Oppo Reno
13. Realme 3 Pro
14. Sony XPERIA XZ3
15. Techno Spark 3 Pro
16. Vivo X27
17. Nex S dan A
18. Xiaomi Mi 9
19. Xiaomi Mi Mix 3 5G

(EP/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of