Kiat Hidup Sehat dengan Berkebun

0
Berkebun dapat mendorong produksi hormon endorfin, yakni senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Foto: gemmill.com.au

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Di dalam tubuh yang sehat, tersimpan jiwa yang sehat. Faktanya, kegiatan berkebun juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran

Semaranginside.com, Jakarta — Bagi Anda yang gemar berkebun, berbahagialah, karena ternyata berkebun membawa beberapa dampak baik bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya berdampak baik pada kesehatan fisik, tapi juga untuk kesehatan mental.

Profesor Paul Dola, seorang ilmuwan asal Inggris pernah mengungkapkan bahwa tukang kebun dan penjaga toko bunga adalah dua pekerjaan paling bahagia di dunia. Kedua pekerjaan ini bahkan dapat memberikan kebahagiaan yang setara dengan orang berpenghasilan baik atau bekerja di tempat bergengsi.

Lebih lanjut, dalam bukunya yang berjudul ‘Happiness by Design’, hampir 9 dari 10 tukang kebun dan tukang bunga menyatakan bahwa mereka memang senang. Berikut ini adalah lima manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda meluangkan waktu untuk berkebun. Apa saja?

Foto: freegreatpicture.com

1. Lebih Aktif
Berkebun sama dengan berolahraga, berkebun menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk melakukan olahraga di akhir pekan. Bahkan, Anda mungkin akan mendapatkan full-body workout, tergantung pada apa yang anda lakukan. Dengan memotong rumput, kaki Anda akan mendapatkan manfaat dari posisi jongkok yang Anda lakukan ketika sedang memotong rumput. Membawa pupuk atau memindahkan tanaman, lengan Anda akan melakukan kegiatan yang sama dengan kegiatan mengangkat beban.

Baca Juga:  Rayuan Edan Ganjar Pada Orang Gila yang Bikin Ngakak

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Meski bukan tergolong aktivitas kardio, berkebun juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian dalam ‘The British Journal of Sports Medicine’, berkebun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen.

3. Menjaga Kesehatan Otak
Berkebun bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berkebun memang akan membuat tangan Anda kotor. Namun, bakteri yang terdapat di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan begitu Anda tidak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan lebih mudah. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian dalam jurnal Science, penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen juga menemukan bahwa berkebun dapat mencegah terjadinya alergi.

5. Meditasi
Ketika sedang berkebun, seseorang akan memusatkan perhatiannya pada proses perawatan tanaman. Tidak jarang mereka bahkan berada pada posisi yang sangat tenang, hal ini mirip dengan proses meditasi. Bahkan dalam proses yang memicu tubuh untuk lebih tenang ini, seorang yang berkebun dapat memanfaatkannya sebagai waktu untuk refleksi diri. Terlebih bagi orang-orang yang kesehariannya selalu berkutat pada pekerjaan di dalam ruangan. Dengan berkebun, anda akan merasa diri menjadi lebih baik, lebih fokus, dan meningkatkan mood serta lebih semangat dalam menjalani kegiatan apapun.

Baca Juga:  Makan Telur secara Rutin, Apa Ya Manfaatnya?

Menurut Anna Ranieri, PhD., seorang psikolog yang menangani konsultasi karir, berkebun bukan hanya sekedar aktifitas fisik. Interaksi dengan alam juga merupakan interaksi jiwa. Tanaman mengeluarkan oksigen yang segar dan dihirup oleh tubuh, oksigen baik tersebut lah yang dapat menurunkan tingkat stres. Tak hanya itu saja, berinteraksi dengan alam melalui berkebun juga dapat mendorong produksi hormon endorfin, yakni senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang.

Satu lagi kenikmatan berkebun yang akan membuat anda bahagia, yakni saat panen. Tentu Ibu akan merasakan kebahagiaan juga kepuasan tersendiri saat merasakan buah dari hasil kebun sendiri dan membagikannya kepada orang lain.

Yuk, berkebun biar lebih sehat (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of