Kiat Sehat Milenial, Sayangi Mata Anda

0
Mata lelah akibat sering di depan laptop. Foto: thinkaboutyoureyes.in

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Semakin cepat Anda rutin memelihara fungsi penglihatan, maka akan lebih banyak manfaat yang anda dapatkan.

Semaranginside.com, Jakarta — Milenial dikenal memiliki aktifitas yang sibuk, terbiasa mengerjakan secara multitasking, serta sangat digital-savvy. Hal ini sering kali membuat mereka kurang memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan mata. Padahal, jika terus dibiarkan, risiko penyakit katarak siap megintai.

Seluruh fungsi tubuh umumnya akan semakin melemah seiring usia bertambah tua, termasuk fungsi indra penglihatan. Umumnya mata akan mulai kurang awas melihat begitu kita menginjak usia pertengahan 20 tahun hingga 30-an. Namun, tak perlu khawatir, Anda sebenarnya bisa, kok, tetap menjaga kesehatan mata di usia dewasa.

Semakin cepat Anda mulai rutin memelihara fungsi penglihatan, maka akan lebih cepat pula manfaat yang Anda dapatkan. Oleh karena itu, jangan sampai pemeliharaan kesehatan mata jadi prioritas kesekian lagi. Sayang ‘kan mata yang tadinya bisa melihat dengan jelas perlahan-lahan jadi buram? Dan berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang untuk penglihatan mata yang terjaga sampai tua nanti.

Makan Makanan yang Baik Untuk Mata
Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan banyak mengonsumsi makan makanan sehat. Penuhilah piring makan Anda tiap hari dengan sumber makanan tinggi asam lemak omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid. Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang tidak hanya baik untuk mata, tapi juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca Juga:  Atta Halilintar Jadi Youtuber Nomor 1 di Asia

Anda bisa memenuhi seluruh asupan gizi ini dari makanan yang sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan lain sebagainya.

Kenakan Kacamata Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Menggunakan kacamata berkualitas baik, bisa membantu mengurangi efek kerusakan pada mata. Foto: deadspin.com

Bukan hanya kulit yang perlu Anda jaga selama berada di ruangan terbuka, mata pun demikian. Namun tentunya dengan cara yang berbeda. Saat cuaca terik atau bahkan sedikit mendung sekalipun, sebaiknya pakai kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari paparan sinar UV matahari.

Dalam jangka panjang, radiasi berlebihan dari sinar matahari dapat berisiko mengakibatkan katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata (pinguecula), serta masalah mata lainnya. Pilih kacamata yang berkualitas baik yang mampu menahan sinar UV B minimal 99 persen dan 95 persen menahan UV A.

Hindari Rokok
Selama ini rokok kerap dikaitkan dengan masalah pada jantung dan paru. Padahal, rokok juga berdampak buruk pada penglihatan Anda. Perokok aktif berisiko lebih tinggi untuk mengalami degenerasi makula, katarak, uveitis, bahkan kebutaan. Maka itu, berhenti merokok secepat mungkin guna menjaga kesehatan mata sejak masih muda.

Jika Anda bukan perokok aktif, anda tetap perlu menghindari paparan asap rokok dari orang sekitar. Menjadi perokok pasif (secondhand smoker) bisa sama berbahayanya dengan perokok aktif.

Baca Juga:  Retas Nomor Sekretaris MUI Riau Untuk Serang UAS

Senam Mata

Senam mata. Foto: Clínica Glaukos

Jika pekerjaan mengharuskan anda menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, selingi dengan melakukan senam pada mata. Agara mata tidak cepat lelah, anda bisa melakukan senam mata untuk mengendurkan otot-otot mata agar lebih relaks. Caranya, bisa dengan memijat kelopak, memutar mata, melirik ke semua arah, dan mengalihkan pandangan sejenak dari layar ke sesuatu yang lebih natural atau menghangatkan mata dengan telapak tangan. Dengan cara ini, niscaya mata anda akan kembali segar dan siap untuk bekerja kembali.

Rutin Cek Kesehatan Ke Dokter Mata
Sebenarnya Anda dianjurkan untuk rutin cek mata di usia berapa pun. Namun, kebiasaan ini menjadi penting terutama bagi generasi milenial mulai usia 20 tahun ke atas. Saat pemeriksaan mata, dokter akan melakukan serangkaian tes guna memeriksa seberapa baik kemampuan penglihatan Anda untuk mendeteksi adanya masalah mata sejak dini.

Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala atau keluhan apa pun saat ini. Rutin cek mata juga dapat memberi tahu Anda apakah resep kacamata Anda yang sekarang sudah tidak akurat lagi dan perlu diperbaharui.

itulah tips bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, tetapi ingin tetap menjaga mata agar tetap sehat. Selamat mencoba. (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of