Komputer Kena Virus, 23 Siswa Jateng UNBK Susulan

0

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Sebanyak 23 siswa SMA Muhammadiyah 2 Kota Semarang terpaksa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer susulan. Alasannya, mereka tak bisa mengakses soal-soal di komputer di ruang ujian karena terkena virus.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Sulistyo menjelaskan siswa tersebut akhirnya belum bisa mengerjakan soal-soal di hari pertama ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Ada 23 siswa yang terpaksa dipindah jadwal ujiannya karena komputer kena virus. Sebanyak 23 siswa SMA Muhammadiyah 2 Kota Semarang akan mengikuti ujian tanggal 15 atau 16 April nanti,” kata Sulistyo, Selasa (2/4).

Baca Juga:  Usulan UMK Boyolali 2020 Rp1,94 juta dan Solo Rp1,95 juta

Ia mengungkapkan, untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) saat ini sudah 100 persen, dan tidak lagi menggunakan ujian lembar jawab. Di Jawa Tengah, UNBK dengan peserta 864 SMA , dengan jumlah siswa 134.523 orang. Kemudian MA, 668 sekolah, dengan jumlah siswa 56.355 orang.

Terkait adanya soal ujian yang tak bisa diakses lantaran virus, juga membuat sejumlah siswa khawatir. Salah satunya Nazzala Qinthara salah satu siswi SMA Negeri 1 Kota Semarang. Ia mengaku was-was jika nanti harus mengikuti ujian susulan gara-gara persoalan teknis komputer. Ia juga khawatir jika komputer mati mendadak saat masih mengerjakan soal.

Baca Juga:  Jelang Indonesia vs Malaysia, Polisi Kawal Suporter

“Kemarin ada teman, sempet komputernya mati, harus mengulangi dari awal. Jadi deg-degan kalau komputer mati atau listrik mati,” katanya.

Siswi jurusan IPA tersebut, juga mengeluhkan tentang pandangan matanya menjadi cepat lelah akibat terlalu lama memandang monitor komputer. “Dengan komputer, lebih canggih dan praktis, tapi di mata pedes ya, karena harus menghadap ke layar,” terangnya.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of