Kongres Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia di Undip Lahirkan Empat Rekomendasi

0
Pembacaan rekomendasi Kongres VI Forum Perguruan Tinggi Vokasi seluruh Indonesia. Foto : undip.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Kongres VI Forum Perguruan Tinggi Vokasi seluruh Indonesia (FPTVI) dilangsungkan Rabu (6/11) di Universitas Diponegoro. Acara yang dilangsungkan di Gedung Prof Soedharto, Kampus Undip Tembalang tersebut diikuti perwakilan anggota forum dan guru-guru SMK se-Indonesia.

Acara tersebut melahirkan empat rekomendasi penting. Keempatnya dibacakan pada akhir acara oleh Ketua Dewan Pengawas FPTVI Ir Hotma Prawoto MT yang didampingi oleh Ketua FPTVI Prof Dr Widi Hidayat, Wakil Ketua I Prof Dr Ir Budiyono, Wakil Ketua II Prof Dr Widarto, dan Sekretaris Prof DR.Retna Apsari.

Baca Juga:  KKN Tim II 2019 Undip Lahirkan Berbagai Inovasi

Berikut empat rekomendasi tersebut, dikutip dari situs resmi Undip :

  1. Bertekad menjadi perguruan tinggi andal pencetak sumber daya manusia Indonesia yang terampil, unggul, bermartabat, dan karya-karya inovasi strategis serta hilirisasi riset yang dicapai dengan kolaborasi riset lintas disiplin dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), kalangan pendidikan akademik (S1,S2,S3), pendidikan profesi, pendidikan menengah kejuruan, dan seluruh stakeholder untuk terciptanya Indonesia maju dan meningkatkan reputasi serta daya-saing global.
  2. Mendorong pemerintah agar memperhatikan dan membina semua perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi.
  3. Mendorong pemerintah dan industri dalam memfasilitasi terciptanya link and macth demi pendidikan vokasional secara maksimal.
  4. Dalam rangka menghadapi tantangan bangsa yang semakin kompleks, pendidikan tinggi vokasi di universitas/institut/sekolah tinggi/politeknik/akademi harus dikembangkan hingga tingkat sarjana terapan dan pascasarjana terapan (master terapan dan doktor terapan) untuk meningkatkan daya-saing Indonesia, yaitu kemandirian dan kedaulatan Indonesia di bidang SDM, teknologi, dan produk.(nug)
Baca Juga:  Undip Targetkan Punya 130 Guru Besar Tahun Ini

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of