Kota Lama, Surga Kuliner di Semarang

0
Kawasan Kota Lama saat malam. Foto : @semarangpemkot

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Kota Lama tak hanya dikenal karena bangunan-bangunan zaman kolonial yang masih berdiri. Kawasan yang berada di Kecamatan Semarang Utara juga dikenal karena menawarkan berbagai macam kuliner. Mulai dari makanan ringan hingga hidangan lengkap untuk bersantap, mulai dari yang legendaris hingga merek baru yang laris manis, mulai dari warung sederhana hingga kafe ber-AC, mulai dari menu khas Jawa hingga Eropa.

Jika menelusuri Jalan Letjen Soeprapto, jalan utama di Kota Lama, maka akan mudah ditemukan berbagai tempat yang bisa dipilih. Mari kita mulai dari ujung timur. Di situ, kini telah dibuka Filosofi Kopi yang mulai tenar setelah buku dan film dengan judul yang sama muncul.

Sebelumnya, di Jalan Cenderawasih, tepat di belakang kafe Filosofi Kopi, ada toko legendaris yang menjual wingko babat cap Kapal Api. Toko tersebut juga menjual beragam makanan ringan dan minuman yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

Baca Juga:  Pajak Pariwisata Berlipat

Beberapa meter setelah Filosofi Kopi, di kanan jalan ada Gelato Matteo yang bersebelahan dengan Tekodeko Koffiehuis. Di seberangnya ada juga 57 Coffee and Bar dan Bakso Malang Kota Lama. Setelah itu ada juga Spiegel Bar & Bistro yang sebagian besar menunya berasal dari barat.

Di perempatan Taman Srigunting, ada warung nasi koyor yang nikmat. Meski hanya warung yang menempel di gedung tua ikonik Marba, warung tersebut termasuk mendapat rekomendasi banyak pihak untuk dikunjungi. Sementara di utara Taman Srigunting ada tempat makan baru Java Culture Cafe yang khusus menyajikan menu organik.

Kembali ke Jalan Letjen Soeprapto, setelah melewati Taman Srigunting dan Gereja Blenduk, di kiri jalan ada Ikan Bakar Cianjur. Dan jika terus saja, dekat dengan Jembatan Mberok, ada Nasi Goreng Pak Karmin yang berada di tepi Kali Semarang.

Baca Juga:  Gambaran Megahnya Stadion Jatidiri Nanti

Selain di kiri dan kanan Jalan Letjen Soeprapto, beberapa tempat kuliner yang asyik juga berada di jalan-jalan lain yang ada di Kawasan Kota Lama. Di Jalan Kepodang misalnya, ada Pringsewu dan Hero Coffee. Sementara di Jalan Garuda ada Verkoffie dan Gule Bustaman Pak Sabar. Di Jalan Branjangan, ada juga Bakso Kakap Pak Doel yang segar.

Melihat daftar yang ada, tak salah bila menyebut Kota Lama sebagai surga kuliner di Semarang. Dan jangan khawatir, tidak ada tempat yang memasang harga tak masuk akal seperti Warung Seafood Bu Anny di Tegal. (nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of