KPK Bawa Kakanwil Jatim dan Kepala Kemenag Gresik ke Jakarta

0
Wartawan menunggu tapi tidak mendapatkan kesempatan melihat Romahurmuziy. Foto: INI-Network

Oleh: M. Aulia Rahman

Semaranginside.com, Surabaya — Kabar menghilangnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Haris Hasanuddin terjawab sudah. Haris dipastikan ikut dalam penangkapan Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuzy alias Rommy dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Dalam OTT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kanwil Kemenag Jatim itu, penyidik juga membawa Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muh Muafaq Wirahadi. Saat ini, Rommy bersama beberapa pihak yang ditangkap KPK sudah diterbangkan ke Jakarta. Rommy dkk dibawa ke Jakarta dalam rombongan penyidik KPK yang berjumlah 13 orang.

Rommy diduga terlibat dalam dugaan kasus korupsi pengisian jabatan di Kementerian Agama pusat dan daerah. Apakah para pejabat daerah yang ikut bersama Rommy juga terlibat, KPK belum memberikan keterangan resmi. Termasuk status Rommy sendiri masih menunggu proses pemeriksaan.

Baca Juga:  Tangisan Son Usai Patahkan Kaki Gomes

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, seluruh rombongan KPK meninggalkan Mapolda Jatim pukul 14.40 WIB menuju Bandara Internasional Juanda menuju Jakarta.

“Rombongan KPK ada 13 orang. Selain ketua PPP ada pejabat kanwil kemenang, penyidik KPK dan petugas pengamanan,” kata dia di Mapolda Jatim, Kota Surabaya, Jumat (15/3).

Adan 9 orang keluar Mapolda bersama Rommy. Rommy diketahui ikut rombongan tersebut dengan mengenakan topi dan masker. Tiga orang mengenakan hoodie tertutup dan lainnya biasa-biasa saja. Mereka naik Toyota Hi Ace warna silver bernopol L.

Rommy keluar dari ruangan pemeriksaan melalui pintu timur Gedung Dharma, Direktorat Resor Kriminal Khusus (DDitreskrimsus. Wartawan yang menuggu di pintu utara gedung Subdit V Tipikor berjam-jam sampat terkecoh.

Kabid Humas Polda Jatim tak banyak memberi keterangan dengan alasan kasus ini ranah KPK. Dia juga enggan mengungkapkan berapa orang yang diamankan, siapa saja dan di mana mereka diamankan. “Semua ditangani KPK,” ujar Barung.

Baca Juga:  PSIS U-20 Segera Evaluasi

Sebelumnya, KPK membenarkan telah menggelar OTT yang dilakukan di Sidoarjo. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status orang yang diamankan dalam satu OTT.

Sebanyak 13 orang dalam rombongan KPK bersama Rommy dan tim KPK, antara lain Kakanwil Kemenag Haris Hasanuddin dan Muh Muafaq Wirahadi, Kepala Kantor Kemenag Gresik. Mereka dibawa Harun Al Rasyid selaku Ketua Tim dari KPK.

Nama-nama lain, ada Agtaria Adrian, Tieswin Rachwell, Condro Raharjo, Amin Nuryadi, Abdul Wahab, Sachrun Najib, Ni Nade Dewi, Arif N Kuncoro, dan Herdiyanto Prabowo. Selain penyidik, ada juga beberapa pihak yang ikut ditangkap bersama Rommy. (Aza/Lin/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of