Lewat “Natahyuk” Mahasiswa Udinus Juara Nasional

0
Mahasiswa Udinus juara lomba aplikasi tingkat nasional. Foto : dinus.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Dua mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil memenangi lomba aplikasi tingkat nasional yang bertajuk Intermedia Information Technology Festival (IITF) di Universitas Amikom Purwokerto, baru-baru ini. Mereka yakni Hendriansyah mahasiswa jurusan Sistem Informasi sebagai ketua dan Haidar Izzuddin Rabbani dari jurusan Teknik Informatika dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus.

Keduanya menjaid juara berkat aplikasi smartphone bernama Natahyuk. Aplikasi tersebut merupakan program pembelajaran online yang berfokus pada seni ukir kayu. Natahyuk sudah dibuat oleh Hendri sejak 1 tahun lalu dan didukung oleh pemerintah Jepara.

Bahkan saat ini sudah ada beberapa UKM dari 28 desa di Jepara yang memanfaatkan aplikasi tersebut, serta 57 mentor dari ahli ukir Jepara.

Baca Juga:  Goenawan Mohamad: Saat ini Momentumnya Mahasiswa

“Aplikasi ini sekarang sudah mencapai 369 pengguna. Di sini nantinya ada pemutaran video dari mentor yang sedang menjelaskan sekaligus mempraktikkan ukiran dari awal sampai akhir,” ungkap Hendri dikutip dari situs resmi Udinus, Selasa (22/10).

Di Natahyuk ini, pengguna yang sudah berhasil menyelesaikan ukiran akan mendapat review dan nilai dari mentor. Penilaian tersebut berupa keseimbangan, keserasian, dan keunikan dalam bentuk grafik. Selanjutnya terdapat fitur pameran yang nantinya pengguna dapat memamerkan sekaligus menjual karya tersebut.

Hendri tidak menyangka aplikasinya bisa menang mengingat dia dan Haidar merupakan mahasiswa baru angkatan 2019.

Baca Juga:  Dekase Jalin Silaturahmi dengan Dewan Kesenian Jepara

“Semua berawal ketika Dinus Inside, kami mengikuti kuliah umum yang akhirnya mempertemukan kami dengan dosen pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kami kemudian tertarik untuk mencoba mengikuti lomba mobile apps tingkat nasional ini,” tutur Hendri.

Dengan bantuan dari pembimbing mereka yaitu Feri Agustina M.Kom selaku dosen Teknik Informatika FIK Udinus, mereka yang masih mahasiswa baru mampu mengikuti lomba tingkat nasional dan berhasil meraih juara.

“Saya bangga mereka berani mencoba untuk mengikuti perlombaan dan bisa meraih juara satu,” tutur Feri.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of