Lewat Praperadilan, Imam Nahrawi Melawan KPK

0
Politikus PKB Imam Nahrawi. Foto: Antara

Oleh: Rudi Hasan

Semaranginside.com, Jakarta – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berupaya melepaskan diri dari jeratan KPK. Politikus PKB itu melayangkan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, menggugat penetapan status hukum terhadapnya dalam kasus suap dana hibah Kemenpora.

Dalam gugatannya itu, Nahrawi mempersoalkan keabsahan penetapan tersangka oleh KPK. Gugatan dengan nomor perkara 130/Pid.Pra/2019/PN JKT.SEL itu didaftarkan pada Selasa (8/10) pekan lalu.

Dalam petitum gugatan tersebut, tim kuasa hukum Nahrawi berkeyakinan penetapan tersangka terhadap klien mereka tak sah. Status tersangka yang didasari surat perintah penyidikan KPK bernomor Sprin.Dik/94/DIK.00/01/08/2019 itu dinilai tak punya kekuatan hukum mengikat.

Baca Juga:  KPK Tahan Imam Nahrawi di Jumat Keramat

Selain soal penetapan tersangka, gugatan praperadilan itu juga memperkarakan penahanan Nahrawi oleh KPK. Penahanan disebut dianggap tidak sah dan tidak berlandaskan hukum.

“Memerintahkan termohon (KPK) untuk mengeluarkan pemohon (Nahrawi) seketika sebagai tahanan Rutan KPK Cabang Pomdam Guntur Jakarta Timur, sejak putusan (praperadilan) dibacakan,” bunyi petitum itu. (AIJ/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of