Lima Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jateng Dilantik, Ini Profilnya

0
Lima pimpinan DPRD Jateng saat dilantik. Dari kiri, Ferry Wawan Cahyono, Sukirman, Bambang Kusriyanto, Heri Pudyatmoko dan Quatly Abdulkadir Alkatiri. Foto: Semaranginside.com

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Lima pimpinan DPRD Jateng 2019-2024 yang terdiri dari ketua dan empat wakil telah dilantik di lantai IV Gedung Berlian DPRD Jateng, Senin (30/9). Kelimanya merupakan perwakilan dari lima fraksi berbeda pemilik kursi terbanyak di legislatif.

Posisi ketua dijabat oleh Bambang Kusriyanto dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sementara untuk jabatan wakil dijabat oleh Sukirman (Fraksi PKB), Heri Pudyatmoko (Fraksi Gerindra), Ferry Wawan Cahyono (Fraksi Golkar) dan Quatly Abdulkadir Alkatiri (Fraksi PKS).

Pelantikan dilakukan oleh ketua Pengadilan Tinggi Jateng dan disaksikan Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen. Hadir pula 115 anggota DPRD lainya.

Siapakah kelima pimpinan DPRD Jateng saat ini dan bagaimana profilnya, berikut latar belakang mereka.

Ketua DPRD Jateng 2019-2024, Bambang Kusriyanto

Bambang merupakan tokoh kawakan partai PDIP di Jateng. Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris DPD PDIP Jateng. Bersama Trio ‘’PDIP Jateng’’ (Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto dan Bendahara Agustina Wilujeng), berhasil memenangkan Jokowi-MA’ruf Amin di PIlpres Jateng dengan angka telak. Pada Pileg DPRD Jateng 2019, PDIP juga memperoleh kursi luar biasa, 42 kursi. Padahal pada Pileg 2014 hanya 27 kursi.

Baca Juga:  Pemadaman Massal, PLN Beri Kompensasi 20%-35%

Bambang pada periode 2014-2019 menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Semarang. Menjabat sebagai ketua DPRD Jateng, ia diyakini mampu sepat beradaptasi dan mewujudkan parlemen modern.

Wakil Ketua DPRD Jateng 2019-2024, Sukirman

Nama sukirman tak asing di DPRD Jateng. Ia adalah wakil ketua DPRD Jateng Petahana. Artinya ini menjadi pereiode keduanya duduk sebagai pimpinan dewan.

Sukirman dikenal cekatan dalam mengoordinasikan baik di tingkatan DPRD atau parpol. Ia merupakan Sekretaris DPW PKB Jateng. Pria alumni Undip ini juga diketahui memiliki hubungan yang dekat dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Wakil Ketua DPRD Jateng 2019-2024, Heri Pudyatmoko

Sama seperti Sukirman, Heri merupakan wakil ketua DPRD Jateng petahana. Terpilihnya Heri sebagai wakil ketua di periode ini, dari pengataman semaranginside.com, penuh intrik di tubuh Gerindra, partai yang menaunginya.  Meski sesuai regulasi, DPD Gerindra Jateng bisa mengirimkan lebih dari satu nama yang hendak dilakukan uji kompetensi dan kelayakan sebagai pimpinan dewan oleh DPP, namun kenyataanya hanya namanya yang dikirim.

Baca Juga:  Dicap HTI, Keluarga Guru Besar Undip Rasakan Dampaknya

Heri yang menjabat sebagai bendahara Gerindra Jateng mengalahkan nama Sekretaris Gerindra Jateng Sriyanto Saputro. Sriyanto juga merupakan anggota DPRD jateng 2019-2024. Heri dikenal memiliki kedekatan hubungan dengan Ketua DPD Gerindra Jateng Abdul Wachid.

Wakil Ketua DPRD Jateng 2019-2024, Ferry Wawan Cahyono

Nama Ferry Wawan Cahyono menggenapi tiga pimpinan DPRD yang berstatus petahana. Ferry merupakan kader Golkar Jateng yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris. Dalam pembahasan di internal Golkar nama Ferry tak terbendung sebagai kandidat wakil ketua DPRD.

Ia memiliki jaringan kuat di internal dan mampu mengonsolidasikan kader Golkar.

Wakil Ketua DPRD Jateng 2019-2024, Quatly Abdulkadir Alkatiri

Quatly Abdulkadir Alkatiri merupakan nama baru di DPRD Jateng. Sempat ramai diperbincangkan antara Hadi Santoso atau Riyono yang akan menduduki kursi wakil ketua, PKS justru memberikan mandat pada Quatly Abdulkadir Alkatiri. Quatly merupakan Ketua MPW (Majlis Pertimbangan Wilayah) PKS Jateng yang sebelumnya menjadi anggota DPRD Solo.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of