Mahasiswa Tuntut Dosen Pelaku Pelecehan Seksual Dipecat

0

Oleh : Ahmad Fauzi

semaranginside.com, Semarang– Aksi tolak pelecehan seksual digelar oleh Aliansi Barisan Kesetaraan, Kamis (4/4) sore tadi. Aksi tersebut sebagai buah hasil diskusi yang dilakukan Selasa lalu. Mereka menilai kampus sudah terlalu lama diam sehingga seolah muncul paradigma memandang pelecehan seksual adalah sebuah hal yang dianggap ringan.

Aksi tadi diawali dengan arak-arakan yang dimulai dari Kampus FIB menuju bundaran Undip Tembalang. Setelah itu aksi dilanjutkan dengan mengelilingi bundaran dan membawa pamflet bertuliskan “Usir Pelaku Kekerasan Seksual”. Aksi diteruskan dengan orasi dan pembacaan puisi dan ditutup dengan aksi teaterikal dengan bentuk dua orang yang diikat dan diberi tutup kepala sembari menyerukan, “Lawan pelecehan seksual!”

Baca Juga:  Revisi UU KPK Serangan Balik Koruptor

Aksi ini mendesak pihak Undip untuk menindak tegas pelaku kekerasan seksual di Undip. Mereka menuntut pemecatan dosen pelaku pelecehan seksual, pembentukan tim investigasi yang diisi mahasiswa dan pihak luar yang berkompeten, dan sanksi yang tegas dan terbuka pada para pelaku kekerasan seksual.

Selain itu, aksi tersebut juga mendorong solidaritas dan aksi massa untuk melawan kekerasan serta penyelesaian dan solusi yang lebih transparan dan berpihak pada penyintas. Mereka juga mendesak kampus untuk menyediakan mekanisme pelaporan yang kredibel dan berperspektif korban.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UIN Walisongo Demo

“Kami tidak akan berhenti beraksi sampai pihak Undip dapat menindak tegas pelaku pelecehan seksual, serta membuat lingkungan kampus yang aman untuk belajar,” tegas Presiden BEM FIB Undip Forsaria Prastika.

Aksi ini didukung oleh pihak LBH Semarang yang ikut bersama mengawal dan membantu proses kasus pelecehan yang diduga dilakukan oleh dosen FIB Undip.

Forsa berharap dengan adanya aksi ini pihak Undip dapat segera menindaklanjuti dan dapat mengabulkan tuntutan yang telah disebutkan, agar kasus pelecehan kedepannya tidak akan terjadi lagi.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of