Mahasiswa Unnes Ikuti Kompetisi di Taiwan

0
Kontingen Unnes ke Taiwan foto bersama Rektor. Foto : unnes.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan berkompetisi di Taiwan Innotech Expo yang diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA). Perlombaan tersebut akan digelar di Taipei World Trade Center.

INNOPA sendiri merupakan Non-Government Organization (NGO) yang bergerak secara mandiri dan terdaftar di dalam keanggotaan resmi induk asosiasi inovasi dunia yaitu International Federation of Inventors Association (IFIA) dan World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA).

Taiwan Innotech Expo (TIE) diselenggarakan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan Taiwan Invention Association (TIA) yang bekerja sama dengan INNOPA dalam mempublikasikan, menyeleksi, dan merekomendasikan perwakilan dari Indonesia ke event tersebut.

Baca Juga:  Melihat Kupu-Kupu Raja di Rumah Konservasi

Tim Unnes beranggotakan delapan orang dari berbagai fakultas. Mereka adalah Agung Setyo Nugroho (Sastra Inggris/FBS), Faza Lutfiyana (Sastra Inggris/FBS), Ricky Firmansyah (PTIK/FT), Chayyinatul Ulyana (Sastra Inggris/FBS), Eka Nur Afiani (Menajemen/FE), Nanda Ayu Lestari (Pendidikan Kimia/FMIPA), Fajar Aburrafi (Menajemen/FE), dan M Ali Ansori (Menajemen/FE).

Mereka berinovasi tentang olahan makan dan konsep lengkap wisata daerah yang bernama Gubug Kopi. Konsep ini merupakan tempat komersialisasi produk makanan, museum kopi, dan paket wisata kopi dengan pilihan kombinasi proses penanaman, panen, sampai edukasi pembuatan tiap produk olahan.

Mereka juga mencipta tempat wisata ini dengan meninggalkan cara pembayaran konvensional. Pada mahasiswa tersebut menggunakan sistem transaksi non-tunai yang diintegrasikan pada tiap titik wisata.

Baca Juga:  Unnes Beri Penghargaan pada Tiga Musisi Berdedikasi

Gubug Kopi mengajak masyarakat setempat untuk memajukan daerah mereka menjadi tempat yang memiliki daya tarik. Semua yang terlibat adalah masyarakat yang tergabung dalam kelompok petani kopi setempat dan pemuda karang taruna. Konsep wisata semacam inilah yang diharapkan bisa timbul di banyak tempat untuk memajukan potensi daerah.

Rektor Unnnes Prof Fathur Rochman dikutip dari situs resmi Unnes, Rabu (25/9), menyampaikan dukungan dan doa untuk keberhasilan tim Unnes. Kontingen Unnes akan bersaing merebutkan penghargaan bersama 23 tim dari Indonesia dan 500 tim dari seluruh dunia, meliputi Korea, Thailand, Vietnam, China, Jepang, India, Canada, Australia, Rusia, dan lainnya.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of