Makna Baju Kimono Yang Dipakai Luna dan Syahrini

0
Sama-sama berkimono, ternyata busana yang dikenakan Syahrini dan Luna memiliki makna yang berbeda. Foto: istimewa

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Kimono memiliki berbagai macam variasi kegunaannya masing-masing dengan makna simbolis dan konvensi yang berbeda-beda

Semaranginside.com, Jakarta — Syahrini dan Reino Barack telah mengonfirmasi kebenaran kabar pernikahan mereka lewat akun Instagram-nya masing-masing. Sebelumnya, sempat beredar foto prewedding keduanya mengenakan busana khas Jepang, kimono.

Pada saat ini ketenaran pakaian Kimono telah sangat mendunia. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Pada masa sekarang, kimono mempunyai bentuk seperti huruf “T”, seperti mantel berlengan panjang dan berkerah. Kimono mempunyai panjang hingga ke pergelangan kaki. Dan Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut/pinggang, dan diikat di bagian punggung.

Dalam foto tersebut, terlihat Syahrini mengenakan kimono hitam dengan motif bunga dan corak kuning keemasan. Reino Barack pun memakai kimono berwarna senada. Entah kebetulan atau bukan, Luna Maya juga pernah mengenakan kimono bersama Reino Barack, saat mereka masih berpacaran. Reino dan Luna sempat membuat video klip di Jepang saat bunga sakura bermekaran. Luna terlihat memakai kimono berwarna biru motif floral dengan obi hijau kekuningan.

Sama-sama berkimono, ternyata busana yang mereka kenakan memiliki makna sangat berbeda. Dalam budaya Jepang, sedikitnya ada sembilan tipe kimono yang masing-masing memiliki makna dan kegunaan tersendiri. Lantas, apa arti kimono yang dipakai Syahrini dan Luna Maya?

Baca Juga:  Pakar ITB Sebut Proyek Tol Memendam Masalah Kompleks

1. Tomesode
Tomesode merupakan jenis kimono paling formal dan lumrah dikenakan wanita yang sudah menikah. Umumnya memiliki desain yang cantik baik dari segi motif maupun garis rancang. Seperti dikutip dari WAttention Wonderland Japan, salah satu ciri khas Tomesode adalah berwarna hitam dengan motif hanya terdapat pada bagian bawah kimono. Sementara bagian lengan dikencangkan dan dipotong, sehingga terlihat lebih simpel dan pendek dibandingkan kimono lain yang lengannya cenderung panjang hingga hampir menyentuh lantai. Tomesode biasa dipakai untuk menghadiri acara formal seperti upacara pernikahan atau jamuan minum teh.

2. Houmongi
Dari foto yang beredar, terlihat Syahrini mengenakan kimono jenis ini. Secara harfiah, Houmongi mengandung arti ‘pakaian berkunjung’. Kimono semi-formal ini bisa dipakai wanita yang sudah menikah ataupun belum menikah untuk acara pertemuan seperti upacara pernikahan, reuni sekolah, pesta minum teh atau berkunjung ke rumah orang. Ciri khas kimono Houmongi adalah pola kain yang seperti lukisan, umumnya terdapat di bagian bahu melewati pinggang, hingga ke bawah.

3. Furisode

Luna memakai kimono jenis Furisode. Foto: Stylo.ID

Furisode merupakan jenis kimono paling formal yang dikenakan wanita belum menikah saat menghadiri acara perayaan. Kimono ini memiliki lengan yang panjangnya 100 cm – 114 cm. Ada tiga tipe kimono Furisode berdasarkan panjang lengan. Ohfurisode (besar), Chufurisode (sedang) dan Shofurisode (kecil). Semakin panjang lengannya, maka penampilan sang wanita akan terlihat lebih anggun dan indah. Oleh karena Furisode diperuntukkan bagi wanita muda atau yang belum menikah, maka warna-warna serta motif kainnya cenderung cerah dan atraktif. Jenis kimono ini sama seperti yang dikenakan Luna Maya ketika tampil di video klip bersama Reino Barack. Bagi wanita yang sudah menikah, tidak diperkenankan mengenakan kimono jenis ini.

Baca Juga:  Megawati Buang Muka, Tak Salami Surya Paloh dan AHY

4. Yukata

Kimono Yukata Foto: Aclubwear.com

Untuk acara kasual, wanita bisa mengenakan Yukata. Kimono ini biasa dipakai saat musim panas, terbuat dari katun dan tidak memerlukan pakaian dalam khusus. Biasanya Yukata dipakai wanita Jepang saat festival atau sekadar ingin berjalan-jalan. Yukata merupakan jenis kimono paling populer dan biasanya dipadukan dengan Geta, sepatu kayu khas Jepang.

5. Iromuji

Kimono Yukata Foto: Aclubwear.com

Ini adalah jenis kimono yang tidak bermotif. Seperti arti harfiahnya, Iromuji bermakna ‘warna polos’. Iromuji bisa dipakai wanita yang telah atau belum menikah. Namun karena tidak bermotif, Iromuji lebih banyak dipakai wanita usia paruh baya yang tidak ingin tampil menarik perhatian, tapi tetap ingin terlihat elegan dan anggun.

Karena makna tersebutlah, pakaian ini hanya boleh dipakai saat perayaan tertentu, seperti upacara pernikahan, upacara kedewasaan dan lain-lain. (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of