Mantan Presiden Robert Mugabe Meninggal Dunia

0
Robert Mugabe. Foto Istimewa

Oleh: Nurcholis

Semaranginside.com, Singapura – Pemimpin pertama Zimbabwe pascakemerdekaan, Robert Mugabe, meninggal dunia pada usia 95 tahun, demikian dilaporkan BBC, yang mengutip keluarganya.

Laporan BBC tersebut mengatakan Mugabe meninggal dunia setelah melawan sakit parah.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwan menyampaikan belasungkawa melalui cuitan di akun Twitter resminya, Jumat (6/9).

“Dengan kesedihan yang mendalam saya mengumumkan kepergian pendiri dan mantan presiden Zimbabwe, Cde Robert Mugabe,” bunyi cuitan tersebut.

Seorang sumber terpercaya mengatakan kepada Reuters bahwa Mugabe telah menjalani pengobatan di Singapura selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga:  Aktor Film ''Vina Garut'' Meninggal Dunia

Lahir 21 Februari 1924 di Kutama, Rhodesia Selatan (sekarang bernama Zimbabwe) ini dipilih menjadi perdana menteri di era pemerintahan Presiden Pendeta Dr. Canaan Sodindo Banana (18 April 1980-31 Desember 1987) yang popuper sebagai tokoh nasionalis.

Alumni sekolah missionari dan lulusan pertama dari tujuh siswa untuk South Africa’s Fort Hare Universityia itu memerintah Zimbabwe dengan tangan besi dari tahun 1980 hingga 2017.

Mugabe resmi lengser dari kursi kepresidenan pada tahun 2017 setelah dia mengundurkan diri pada 21 November, mengakhiri pemerintahannya selama tiga dekade. (CK/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of