Marak Aksi Unjuk Rasa di Indonesia, AS Keluarkan Warning

0
Ilustrasi. Mahasiswa dari sejumlah elemen mahasiswa se-Jabodetabek berunjuk rasa di depan kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: ant

Oleh: Nurcholis

Semaranginside.com, Jakarta – Akibat banyaknya aksi unjuk rasa di berbagai daerah di Indonesia, Kedutaan Besar AS di Jakarta,  mengeluarkan himbauan bagi warganya. Kedutaan AS mengingatkan warganya yang berada atau akan bepergian ke Indonesia.

“Sejak 24 September, demonstrasi politik telah terjadi di berbagai kota di seluruh Indonesia. Demonstrasi ini, yang dapat berlangsung dengan sedikit atau tanpa pemberitahuan, kemungkinan akan berlanjut. Sebagian besar protes telah diselenggarakan di luar gedung-gedung pemerintah, tetapi beberapa telah menyebar ke daerah perumahan, publik, dan ritel, “ demikian bunyi himbauan Kedutaan Besar AS sebagaimana dikutip laman resminya, https://id.usembassy.gov/ Selasa (1/10).

Baca Juga:  Final Piala Dunia Wanita: Belanda Tantang AS

Dalam himbauannya, Kedutaan Besar AS mengatakan, aksi unjuk rasa umumnya berlangsung damai, meski ada bentrok antara kelompok-kelompok aksi dengan pihak polisi.

Namun sebagian besar kekerasan telah terjadi pada malam hari. Dimana para pengunjuk rasa telah membakar dan melemparkan bom molotov, kembang api, dan batu.

Dalam himbauannya, Kedutaan Besar AS meminta warga AS menghindari area di mana demonstrasi terjadi.

“Berhati-hatilah jika tiba-tiba ada di sekitar pertemuan besar atau protes. Waspadai lingkungan sekitar Anda.”

Baca Juga:  Kim Jong Un Naiki Kuda Putih dan Daki Gunung, Amerika Bereaksi

“Bawalah ponsel dengan Anda. Harap diperhatikan bahwa orang asing yang bergabung dengan unjuk rasa di Indonesia dapat ditangkap dan / atau dideportasi,” lanjutnya. (CK/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of