Masjid Ini Fasilitasi Bus Penjemputan untuk Shalat Tarawih

0

Oleh: Nurcholis

Semaranginside.com, JakartaMakan dan minum gratis untuk iftar (buka puasa) sudah biasa. Tetapi layanan bus antar-jemput gratis untuk sholat terawih di bulan Ramadhan, itu luar biasa.

Dua masjid di Singapura secara khusus memberikan pelayanan pada jamaah yang tinggal di daerah Jurong Barat dan Bukit Panjang dengan fasilitas bus penjemputan.

Mereka hanya perlu menunggu di halte yang ditetapkan antara setengah jam dan 15 menit sebelum pukul 20:00 setiap hari di bulan Ramadhan ini.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Masjid Maarof yang berlokasi di Jurong Barat sudah menyediakan layanan bis antar-jemput gratis untuk memfasilitasi para jamaah yang bepergian ke masjid selama Ramadhan.

Layanan ini telah dimulai sejak masjid dibuka pada 2017. Namun tahun ini, layanan ini lebih inklusif melalui bus ramah kursi roda.

Kepala Departemen Layanan Korporat Maarof, Herni Halipah mengatakan kepada BERITAmediacorp layanan tersebut bertepatan dengan tema kampanye Ramadhan tahun ini, ‘Sebarkan Rahmah: Ramadhan Dengan Tetangga. Rayakan Bersama Keluarga dan Komunitas ‘.

“Kami berharap layanan ini tidak hanya akan memberikan kenyamanan tetapi juga memperkuat persatuan sosial tanpa ‘meninggalkan’ yang kurang beruntung dengan menyediakan layanan kebutuhan khusus ini,” kata Herni.

Baca Juga:  Hari Kedua Ramadhan, Gubernur, Kapolda dan Pangdam Tarling Bareng

Orang Tua dan Anak-anak

Saat layanan dimulai sekitar tiga tahun lalu, Masjid Maarof menyediakan bus sederhana, antara 19 dan 35 kursi.

Pada tahun kedua, masjid itu menyewa bus yang lebih besar untuk sekitar 40 kursi.

“Insya Allah untuk tahun ini kami memiliki dua bus dengan 20 kursi dan enam bus dengan 40 kursi dan kami juga menyediakan bus khusus,” kata Cik Herni.

Dia menambahkan bahwa lima rute bus yang ditetapkan masih sama dengan tahun lalu. Tetapi khusus untuk Rute 5, masjid menambahkan layanan bus lain untuk kebutuhan khusus jamaah.

Dengan bertambahnya, itu berarti lebih dari 300 jamaah akan dibawa ke masjid dengan bus.

Ini adalah penambahan lebih dari 100 jemaat dibandingkan dengan hanya sekitar 200 ketika layanan dimulai.

“Alhamdulillah Kami telah menerima respons yang menggembirakan dari warga di sekitar wilayah Perpanjangan Barat Jurong dan satu tahun lalu kami harus menambahkan bus di tengah Ramadhan untuk mengakomodasi para jamaah yang menyambut upaya kami,” kata Ibu Herni kepada BERITAmediacorp.

Masjid lain yang telah menawarkan layanan serupa selama hampir satu dekade, adalah Masjid al-Iman di Bukit Panjang.

Baca Juga:  Hari Kedua Ramadhan, Gubernur, Kapolda dan Pangdam Tarling Bareng

Menurut Ishak Kasmani, Kepala Lembaga Pertolongan Komunitas Masjid al-Iman, layanan itu tidak lain untuk memberikan kenyamanan bagi para jamaah yang ingin shalat di masjid. Terutama untuk orang tua dan mereka yang memiliki anak kecil.

Warga Bukit Panjang dapat memilih antara dua bus yang disediakan.

Kedua bus yang dapat menampung sekitar 90 orang total akan berhenti di 19 halte. Ini termasuk Bukit Panjang Ring Rd (dekat stasiun LRT Senja), Jelapang Rd, Saujana Rd, Segar Gardens dan Fajar Rd.

“Sejauh ini kami tidak banyak berubah tetapi telah mengubah rute bus untuk mengakomodasi para jamaah, terutama di daerah dengan flat BTO baru.

“Insya Allah, jika memungkinkan, kami akan mempertimbangkan untuk memegang bus yang bisa membawa jamaah kursi roda,” kata Ishak.

Untuk jamaah yang ingin pergi ke Masjid Maarof, mereka harus menunggu di halte bus jam 7:50 malam. (cak)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of