Masjid Istiqlal Indonesia Mulai Dibangun di Jalur Gaza

0
Foto: Istimewa

Oleh: Indrawati

Semaranginside.com, Makassar – Masyarakat Palestina tengah membangun sebuah masjid di Palestina dengan nama Masjid Istiqlal Indonesia. Masjid ini mulai dibangun di atas lahan 1.751 M2 dengan kapasitas jamaah 5.000 orang di Provinsi Khan Yunis, Jalur Gaza.

Lebih dari 50 ribu penduduk Provinsi Khas Yunis, Selatan Jalur Gaza, tidak memiliki masjid yang layak. Pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di wilayah ini diharapkan menjadi pusat kebangkitan dan menjadi spirit perjuangan menuju kemerdekaan bangsa Palestina.

Istiqlal yang berarti kemerdekaan merupakan harapan terbesar masyarakat Palestina. ”Semoga dengan dibangunnya masjid ini, cita-cita kemerdekaan Palestina segera terwujud. Mari bangun masjid kemerdekaan untuk Palestina dari spirit kemerdekaan Indonesia,” ujar Manajer Amal Palestina Indonesia (API) Sulsel, Abdul Qasim Salawali, Jumat (10/5).

Baca Juga:  Serangan Brutal Israel, 25 Pejuang Gaza Gugur dan Ratusan Terluka

Imam Palestina Syekh Sya’ban Riyadh Al Dahsyan mengajak rakyat Indonesia ikut berpartisipasi dalam pembangunan masjid tersebut. Hal itu dia sampaikan di Masjid Wasilah di Kantor Perhubungan Sulawesi Selatan, Jumat (10/5). menurut dia, bagi masyarakat Palestina, masjid bukan sekadar tempat untuk menunaikan shalat berjamaah. Sebagai daerah yang tengah dijajah, masjid menjadi pusat kehidupan, pendidikan, peradaban dan perjuangan. Terlebih, di Palestina telah lahir ratusan hafiz dan hafizah termasuk para pejuang yang syahid.

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu di Surga,” kata Syekh Sya’ban Riyadh Al Dahsyan.

Baca Juga:  AS Bantah Laporan TV ‘Israel’ Rencana Trump ‘Palestina Tanpa Masjid Al-Aqsha’

Dia menyampaikan, saat ini masyarakat Palestina di Khan Yunis berharap agar ummat Islam di Indonesia bersedia membangunkan masjid yang lebih layak. “Nama masjidnya juga sudah dipersiapkan yakni Masjid Istiqlal Indonesia. Terima Kasih untuk masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Dia mengajak ummat Islam khususnya dari Indonesia mengalirkan kebaikan untuk para calon hafiz dan hafizah. Sehingga, mengalir energi kebaikan yang lebih besar untuk Indonesia.

Kedepan, di Masjid Istiqlal Indonesia di Jalur Gaza akan dilakukan pengerjaan berupa penggalian dan penimbunan, pengecoran, pengerjaan bangunan atau dinding, plester, pengerjaan lantai dan keramik. Selanjutnya akan ada proses pengecatan, pemasangan kusen dan pintu, pembuatan jendela dan teralis, pengerjaan instalasi listrik, dan pengerjaan unit kesehatan serta mekanik. (Aza/Ani/Ags/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of