Masyarakat Bisa Pantau Kedatangan BRT Trans Semarang

0

Oleh Rizky Atmaja

Sejumlah fasilitas terus ditambah untuk sistem pengoperasionalan BRT Trans Seamarang. Tujuannya meningkatkan pelayanan, ketertiban dan kenyamanan pengguna jasa.

Semaranginside.com, SEMARANG – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Kota Semarang telah dilengkapi dengan fasilitas Passenger Information System (PIS). Fasilitas ini memberikan informasi kepada pengguna jasa untuk mengetahui waktu kedatangan bus.

“Saat ini baru terpasang di selter Simpang Lima, dan Selter Bandara Jenderal Ahmad Yani.” Kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang Ade Bhakti, Rabu (6/3).

Sementara di pool pemberangkatan, dan selter transit point telah dipasang kamera pengawas (CCTV) sebagai fasilitas lain. Total telah terpasang 15 CCTV online.

Baca Juga:  Masyarakat Pesisir Peringati Hari Nelayan

Semuanya berada di Terminal Sisemut, Terminal Penggaron, Terminal Mangkang, Terminal Cangkiran, Pool Pelabuhan, Pool Tawang, Pool UNNES, Pool UNDIP, Pool Marina, juga di shelter Transit point seperti Simpang Lima, Balaikota 1, Balaikota 2, Elizabeth, Ksatrian, tambahnya.

“Ke-15 CCTV online tersebut dipantau dari ruang CC room Trans Semarang,” terang Ade.

Adapun fungsi fasilitas tersebut, untuk memastikan jadwal keberangkatan dan kedatangan bus tepat waktu. Kinerja petugas dilapangan, juga dapat terpantau. Terlebih perihal kasus tertinggalnya barang penumpang akan bisa dilacak dengan CCTV.

Sebelumnya, kritik berupa keluhan yang disampaikan terhadap pelayanan BRT Trans Semarang diklaim berkurang pada Januari-Februari 2019 bila dibandingkan periode yang sama 2018.

Baca Juga:  Kafe 24 Jam yang Selalu Dicari di Kota Semarang

Disebutkan, keluhan oleh masyarakat pengguna berkurang hingga lebih dari 50 persen. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pemasangan sistem pelacak GPS. Sistem memantau kecepatan bus yang dioperasikan pengemudi. Jika pengemudi melanggar akan dikanakan sanksi. Sistem ini dikatakan telah membuat keluhan pelanggan berkurang.

“Semua armada dari koridor 1-7 yang beroperasional telah dilengkapi dengan sistem pelacak GPS. Jadi kami bisa pantau kecepatan armada secara langsung,” jelas Ade.

Lebih jauh, pada Januari-Februari 2019, BRT Trans Semarang telah melayani total 1.746.596 penumpang. Pada Januari tercatat 906.785 penumpang dan Februari 839.811.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of