Mau Beli Mobil Bekas Untuk Mudik? Simak Ini Tipsnya

0

Oleh: Eko P

Semaranginside.com, Jakarta – Menjelang lebaran momen mudik menjadi hal yang luar biasa bagi mereka yang ada di perantauan. Karenanya tidak sedikit mereka yang mencari mobil baik beli baru, bekas maupun menyewa, hanya untuk mudik bersama keluarga.

Nah, agar kalian tidak salah atau bahkan tertipu ketika membeli kendaraan second tips-tips dibawah ini bisa menjadi pegangan. Pasalnya, tak sedikit orang kecewa setelah membeli mobil bekas, entah karena mobil yang dibeli tidak dalam kondisi prima atau masalah lain yang menyertai. Padahal mobil ini untuk jalan jauh ke kampung halaman.

Bagaimana caranya agar tidak kecewa membeli mobil bekas?
Memang bukan hal mudah membeli mobil bekas yang berkualitas. Apalagi saat ini dengan kecanggihan oknum tertentu yang memiliki banyak cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus.

Beberapa masalah yang ada di mobil bekas seperti bekas banjir, bekas kecelakaan atau tabrakan, termasuk juga dokumen-dokumen palsu. Akhirnya selain rugi waktu dan uang, juga bisa berurusan dengan hukum.

Menurut salah seorang pedagang mobil bekas di Cinere, Idham, mengidentifikasi mobil bekas yang bagus itu susah. Pasalnya, banyak bengkel, salon mobil, sudah semakin canggih. “Mobil yang sudah seminggu terendam banjir, bisa disulap jadi terlihat bagus. Pembeli harus jeli, minimal belinya di tempat yang dipercaya,” jelasnya.

Baca Juga:  Awas, Tol Trans Jawa Masuk Titik Rawan Laka

Mobil bekas banjir yang disulap bisa mengelabuhi pembeli, padahal membeli mobil seperti itu resikonya besar, misalnya masalah komponen ECU (Electronic Computer Unit).

“Kalau rusak terendam banjir biaya digantinya mahal,” ujarnya.

Karenanya, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Harga yang miring bisa jadi memang benar dijual karena misalnya kepepet atau lagi butuh, tapi bisa juga memang mobilnya bermasalah.

“Di iklan baik koran maupun online banyak yang menawarkan mobil bekas dengan harga miring. Mobkas yang murah itu biasanya ada apa-apanya. Bisa mobil bodong, bekas tabrakan, bekas banjir,” jelasnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas:

1. Jangan mudah tergiur harga murah
Jangan sekali-kali tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan karena sebagian besar hasilnya mengecewakan.

2. Cek dokumennya
Paling utama adalah cek dokumennya terlebih dulu, sebelum anda memutuskan untuk menawar. Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya, anda bisa mendokumentasikannya dan mengeceknya ke Polda terdekat.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Mudik, Gubernur Keliling Jalur Tengah Hingga Selatan

3. Hindari tergesa-gesa memutuskan
Diceritakan Idham bahwa sebaiknya ketika mencari mobil bekas tidak mengajak serta istri. Percaya atau tidak, ini merupakan pengakuan seorang pembeli kepada dirinya. Dituturkannya, wanita biasanya lebih emosional ketika melihat penampilan mobil, padahal tidak selalu menentukan kualitasnya.

4. Cek bodi mobil
Perhatikan bagian-bagian bodi mobil, apakah masih lurus bodinya, atau adakah barangkali part-part yang rusak atau mungkin sudah diganti. Mudah saja detilnya lihat di Google dan bandingkan dengan kondisi mobil yang anda minati.
Pastikan juga lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu jika beda maka boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah. Perhatikan juga adakah bekas karat yang mencurigakan, misalnya di bagian tertentu, dimana hal itu tidak akan mungkin terjadi jika bukan karena bekas tabrakan.
Cek juga interior adakah bekas-bekas air yang menunjukkan mobil tersebut bekas kebanjiran.

5. Cek kondisi mesin
Untuk mengecek kondisi mesin dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni maka kalau perlu ajak montir langganan anda. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal.
(EPS/Ags/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of