Mau Berkah dan Kaya? Awali Hari Sebelum Fajar

0
Ilustrasi shalat Foto: Istimewa.

Oleh: Herry M Joesoef

Semaranginside.com, Jakarta – Seorang muslim punya ritme harian. Aktivitas diawali sebelum masuk waktu Fajar, dengan melakukan Qiyamul Lail. Inilah yang ditauladani umat Islam yang bersumber dari  Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Usai Qiyamul  Lail di sepertiga malam terakhir, boleh istirahat atau tidur sejenak. Sebelum Fajar, sudah bangun, melaksanakan shalat sunnah Fajar dua rakaat lalu berlanjut Shalat Subuh berjamaah di masjid (bagi kaum lelaki). Usai shalat Subuh, berzikir, atau melaksanakan ibadah lainnya, sampai syuru’ (waktu dimana matahari terbit).  Pasca syuru’ inilah aktifitas rutin atau kerja rutin, dilakukan.

Allah telah menjadikan waktu pagi yang bercahaya untuk memulai aktifitas, dan menjadikan waktu malam yang gelap untuk istirahat . Simaklah ayat Al-Quran berikut ini, “Dan Kami jadikan malam sebagai pakaian. Dan,  Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan.” (QS. Am-Naba’: 10-11)

Baca Juga:  Melihat Musibah, Bertahmidlah!

Aktivitas di pagi hari akan menambah keberkahan. Dinarasikan oleh Shakhr Al-Ghamidi , bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Ya Allah, limpahkanlah keberkahan bagi umatku di waktu paginya.” Shakhr melanjutkan, “Dan Rasulullah mengirim pasukan perang di awal pagi.” (HR. Imam Abu Dawud dan ath-Tirmidzi)

Hadits tersebut diatas digenggam erat oleh Shakhr Al-Ghamidi.  Ia mengamalkan ajaran Nabinya, dengan memulai hari dengan Qiyamul  Lail, shalat  sunnah dua rakaat Fajar, lalu shalat Subuh berjamaah di masjid, dan seterusnya. Shakhr sendiri adalah seorang pedagang. Dan ia memulai  aktivitasnya (berdagang) di awal pagi yang membuat  hartanya diberkahi dan menjadi seorang yang kaya-raya.  Dalam sebuah riwayat disebutkan, “Adalah Shakhr seorang pedagang  dan ia mengirim barang dagangannya di awal pagi  hingga ia menjadi orang yang kaya-raya dan memiliki harta yang melimpah.” (HR. Imam Abu Dawud, ath-Tirmidzi, dan Ahmad).

Baca Juga:  Mengucap Salam, Jalan Menuju Surga

Aktivitas di awal pagi, dengan urut-urutan sebagaimana tersebut di atas, akan menjadikan harta yang kita dapatkan berkah. Keberkahan harta inilah yang menjadikan seseorang bisa kaya-raya, sebagaimana sahabat Shakhr Al-Ghamidi. (HMJ/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of