“Meja Makan” Raih Penghargaan Lagi

0
Mahasiswa Udinus Candra Mohammad Wisnu dan Muhamad Amthor Rizqi pada FFMI 2019. Foto : dinus.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Siapa sangka, bermula dari tugas kuliah, sebuah film pendek karya mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) justru berhasil meraih beberapa penghargaan. Yang terbaru, film bertajuk “Meja Makan” tersebut meraih prestasi pada Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2019. Pada ajang yang dilangsungkan di IIB Darmajawa Lampung, film besutan Candra Mohammad Wisnu tersebut berhasil merebut penghargaan untuk sutradara terbaik dan penata suara terbaik.

Penghargaan sutradara terbaik diberikan untuk Candra. Sementara penata suara terbaik diraih Muhamad Amthor Rizqi. Keduanya adalah mahasiswa program studi Film dan Televisi Fakultas Ilmu Komputer Udinus.

“Film ini kami buat berawal dari tugas mata kuliah, yang akhirnya kami daftarkan dalam kompetisi nasional ini. Puji syukur dapat meraih dua nominasi, tentu ini kami bangga dan ingin berkarya lebih banyak lagi,” tutur Chandra dikutip dari situs resmi Udinus, Selasa (6/8).

Baca Juga:  UIN Walisongo Terjunkan Mahasiswa KKN Terbanyak

Sebelumnya, pada ajang Festival Film Festcil di Surabaya tahun lalu, “Meja Makan” berhasil menyabet penghargaan film pendek terbaik.

FFMI digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Tahun ini, ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia tercatat sebagai peserta. Malam penganugerahan untuk pemenang dilangsungkan akhir Juli lalu.

Setelah melewati proses kurasi oleh dewan juri nasional yang terdiri dari Benny Kadarhariarto, Aline Jusria, dan Dede Safara, “Meja Makan” yang berdurasi sekitar enam menit ini berhasil merebut dua dari sepuluh nominasi yang dipertandingkan. Film tersebut bercerita mengenai keberadaan situasi sebuah meja makan di suatu rumah yang dihuni keluarga menengah ke bawah.

Baca Juga:  Lokasi Syuting di Hutan, Adipati Dolken Was-Was Hewan Buas

Ketua Program Studi Film dan Televisi Ruri Suko Basuki menegaskan, kampus selalu mendukung mahasiswa untuk berkarya dan berprestasi.

“Kami selalu berikan dukungan penuh untuk mahasiswa yang ingin berkarya dan menunjukkan bakatnya. Karena selain prestasi, mengikuti kompetisi seperti ini juga dapat memperluas jaringan yang bisa digunakan setelah lulus nanti,” katanya.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of