Menengok Uniknya Kampung Photography Semarang

0
Kampung Photography di Jalan Abimanyu RT 03 RW 02 Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Ketika memasuki permukiman di Jalan Abimanyu RT 03 RW 02 Pendrikan Lor, Semarang Tengah, sebuah replika kamera DSLR Raksasa akan langsung menyambut. Selain itu, tulisan di atas gapura akan langsung menjelaskan bagaimana kampung itu disebut.

Kampung Photography merupakan nama kampung ini. Dulunya, gang-gang di kampung ini identik dengan banyaknya pemuda yang menghabiskan waktu dengan minum minuman keras dan banyak terdapat pengangguran.

Seiring waktu berjalan, banyak warga di kampung tersebut yang menggeluti dunia fotografi dan kemudian menjadi fotografer. Beberapa event seperti pernikahan, acara wisuda dan lainya sudah banyak ditangani para fotografer dari Kampung Photograpy.

Baca Juga:  Sneaker Penurun Berat Badan

Tokoh Kampung Photography, Siswanto menceritakan dia heran ketika ada satu pemuda yang ingin belajar fotografi dari dia. Tidak disangka, minat untuk berubah menjadi lebih baik tersebut diikuti pemuda lain yang juga ingin mendalami ilmu fotografi.

“Entah bagaimana, saat itu tiba-tiba ada salah satu di antara mereka datang kepada saya dan mengatakan ingin belajar fotografi,” ujarnya, Rabu (15/10).

Namun Siswanto mengajukan syarat pada mereka yang ingin belajar fotografi, yakni harus berhenti mengonsumsi minuman keras. Para pemuda yang dulunya menganggur kemudian belajar fotografi dan kemudian bisa mencari nafkah melalui dunia fotografi.

Baca Juga:  Viral Gaji Bupati Banjarnegara Rp5,9 Juta, Ganjar: Rp100 Juta Masuk Akal

Dia menambahkan, saat ini ada sekitar lebih dari 20 fotografer yang lahir dari Kampung Photography.

Terpisah, Ketua RT 03 RW 02, Wagiman mengatakan, kampung ini mengadakan kegiatan untuk menambah keguyuban antar warga dan para pemuda yang minat menggeluti dunia fotografi.

Karena konsistensi masyarakat Kampung Photography, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mendapuk kampung tersebut menjadi Kampung Photography pada 2018 lalu.

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of