Mengenal Retinol, Serum Pengusir Jerawat dan Keriput

0
Retinol kerap disebut sebagai salah satu kandungan terbaik untuk melawan penuaan. Foto: cleopatraschoice.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Retinol sering ditemukan pada produk perawatan kulit, dan biasanya terdapat di beberapa produk krim anti-aging

Semaranginside.com, Jakarta — Anda pasti pernah mendengar zat bernama retinol yang berguna untuk mengurangi tampilan keriput dan membuat kulit nampak lebih sehat dan bercahaya. Tetapi, apakah Anda tahu, bahan yang sama juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat dan mengecilkan pori-pori?

Foto: skinmedica

Retinol sering ditemukan pada produk perawatan kulit, dan biasanya ada di beberapa produk anti-aging. Namun, tidak sedikit pernyataan simpang-siur tentang retinol, sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Retinol sendiri adalah derivatif dari vitamin A yang bekerja secara efektif untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Tak hanya itu, retinol juga merupakan anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Tak heran kalau retinol kerap disebut sebagai salah satu kandungan terbaik untuk melawan penuaan.

Joshua Zeichner, MD, dermatolog dan direktur riset kosmetik di Mount Sinai Medical Center di New York City, memaparkan serba-serbi retinol dan manfaatnya untuk kulit yang sehat.

Ampuh Untuk Mencegah Penuaan
Retinol bekerja untuk melawan tanda-tanda penuaan dengan menstimulasi kemampuan sel kulit untuk beregenerasi. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan sel-sel kulit berkurang, dan retinol inilah yang dapat membantu kulit untuk tetap sehat dengan meningkatkan elemen pembentuk struktur kulit. Pori-pori pun bisa lebih bersih dan penampakannya terlihat lebih kecil berkat retinol.

Baca Juga:  Viral Video Semburan Lumpur di Blora, Pertamina Pastikan Aman

Dengan retinol, warna kulit juga lebih rata, juga membuat kulit lebih lembut dan halus. Untuk lebih tahu tentang retionol, baca lebih lanjut fakta retinol berikut ini.

artis yg terkenal awet muda foto istimewa

Dapat Menyebabkan Iritasi
Ketika zat retinol diterapkan pada kulit, maka reseptor retinoid dalam sel-sel kulit akan aktif dan meningkatkan pergantian sel. Hasilnya, kulit jadi kering dan terkelupas. Itu sebabnya kulit Anda mengalami periode penyesuaian selama dua sampai empat minggu ketika pertama kali mengaplikasikan krim retinol. Untuk hasil yang lebih efisien, aplikasikan juga pelembab pada kulit Anda, dan gunakan retinoid hanya pada waktu malam. Anda tidak perlu mengoleskannya terlalu banyak, cukup ambil krim retinoid sebesar sebutir kacang untuk seluruh wajah Anda. Hal ini tidak hanya akan membuat krim Anda bertahan lebih lama, tapi juga akan membantu mengurangi iritasi kulit.

Perbedaan Retinol dan Retinoid
Retinoid merupakan istilah umum untuk semua turunan vitamin A. Retinol lebih kuat dari retinoid, krim retinol bisa Anda dapat melalui resep dokter kulit atau membeli di toko kosmetik. Beberapa produk retinol, seperti tretinoin, adapalene, dan tazarotene perlu resep dokter. Sementara untuk produk yang bisa dibeli bebas, Anda harus lebih teliti dalam membaca labelnya. Cari produk dengan bahan bernama ‘retinaldehid’, ‘retinyl propionat’ dan ‘palmitat’.

Baca Juga:  Dubes Rusia: Kami Tidak Mencampuri Urusan Pemilu Negara Manapun

Sebagai Obat Jerawat
Pori-pori tersumbat adalah biang keladi jerawat. Kegunaan retinol dalam membuka pori-pori, berguna sebagai obat jerawat. Retinol juga berfungsi untuk mengurangi peradangan (selama Anda tidak berlebihan memakainya).

Pakai Retinol, Pakai Juga SPF
Saat menggunakan retinol atau kandungan vitamin A lainnya, penting untuk memakai SPF sebagai proteksi kulit dari sinar UVB. Kulit yang sedang beradaptasi dengan retinol kemungkinan akan mengalami reaksi-reaksi baru yang butuh penyesuaian dan perlindungan ekstra. Hal ini bertujuan agar kulit anda terlindungi dari paparan sinar UVB. Jadi jangan lewatkan sunscreen setiap hari ya!

Kulit Yang Sehat Membutuhkan Kandungan Selain Retinol
Walau retinol punya banyak manfaat untuk kulit, tetap saja kulit membutuhkan bantuan dari kandungan lain agar kesehatannya terjaga dengan baik. Sama seperti tubuh, kalau hanya diberi 1 jenis makanan saja, pasti hasilnya jadi tidak imbang dan kurang sehat. Begitu juga dengan kulit wajah, kita perlu tahu kandungan apa saja yang dibutuhkan kulit.

Untuk mendapat kulit yang sehat, perlu anda perhatikan juga asupan makanan dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Hindari konsumsi alkohol juga zat adiktif seperti merokok yang bisa mempercepat proses penuaan kulit. Imbangi juga dengan olahraga agar kulit lebih sehat dan bercahaya. (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of