Mengintip Kekuatan Kalteng Putra, Lawan Pertama PSIS

0
Tim Kalteng Putra. Foto : @kaltengputra_id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Liga 1 dimulai besok (16/5). Pada pertandinan pertama, PSIS akan menjamu Kalteng Putra di Stadion Moch Soebroto, Magelang. Sebagai tuan rumah, PSIS tentu diunggulkan menang. Namun, Kalteng Putra juga tak boleh diremehkan. Seperti apa kekuatan mereka?

Kalteng Putra merupakan salah satu tim debutan pada Liga1 2019. Dia berhasil naik kasta meski disertai dengan kontroversi. Bagaimanapun, tim yang bermarkas di Palangkaraya tersebut kini tercatat sebagai salah satu peserta liga tertinggi di Indonesia.

Tim berjuluk Laskar Isen Mulang itu disebut menjadi salah satu tim yang ambisius pada musim baru mereka. Hal itu dibuktikan dengan merekrut pelatih baru asal Brasil Gomes di Oliviera. Dia termasuk pelatih yang mengenal Liga Indonesia dengan baik karena sebelumnya pernah menangani Bali United dan Persiwa Wamena.

Baca Juga:  Pembuktian Septian David Maulana

Dengan racikannya, Kalteng Putra mampu menunjukkan permainan yang hidup. Kolektivitas menjadi kekuatan tim dimana setiap pemain memiliki kesadaran sebagai bagian dari tim, bukan individu semata. Keberhasilan awal Gomes dalam menangani Kalteng Putra dibuktikan pada Piala Presiden lalu. Tim tersebut mampu mencapai babak semifinal sebelum ditaklukkan Persija.

Kalteng Putra memiliki pemain-pemain yang kualitasnya tak lagi diragukan. Di bagian pertahanan ada Ok John yang kini telah menjadi warga negara Indonesia. Dia bakal membangun benteng yang kokoh bersama Bobby Satria dan Indra Permana. Mereka bakal melindungi gawang yang dijaga kiper Dimas Galih. Penampilan Dimas pada Piala Presiden lalu banyak mendapat pujian.

Baca Juga:  Menakar Agresivitas PSIS

Di sektor tengah, Kalteng Putra punya Rizky Febrianto, Fajar Handika, Yoo Hyun-goo, dan I Gede Sukadana. Mereka juga punya Hedipo Gustavo da Conceicao yang pernah memperkuat Persela Lamongan dan sempat mencicipi liga di Myanmar. Selain itu juga ada Pahabol yang eksplosif.

Sementara di depan, duet striker Diogo Campos dan Patrich Wanggai telah dikenal karena ketajamannya.

Dengan komposisi itu, PSIS patut waspada. Kalteng Putra telah berkembang dan bukan lagi tim yang sama yang pernah dikalahkan 1-0 pada fase grup Piala Presiden lalu. Jika tidak hati-hati, target menang bisa lepas dari tangan.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of