Menimbang Jatah Kursi Menag, PKB atau PPP?

0
Wasekjen PPP, Achmad Baidowi. Foto: Muhajir

Oleh: Muhajir

Semaranginside.com, Jakarta – Presiden Jokowi memastikan nomenklatur kementerian akan tetap sama seperti periode pertama. Nama-nama menteri akan diumumkan paling lama 3 hari setelah pelantikan.

Meski belum diumumkan, fenomena ribut rebut jatah kursi sangat diberitakan akhir-akhir ini. Dua partai di antaranya sama-sama mengincar jatah Kementerian Agama (Kemenag) yakni PKB dan PPP. dua partai ini merupakan rekan koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf.

Wasekjen PPP, Achmad Baidowi, mengklaim partainya tidak dalam posisi pilah-pilah kementerian karena masukndalam ranah hak prerogatif presiden. Hanya saja, dia mengaku mendapat banyak aspirasi untuk mendapatkan pos tersebut.

Baca Juga:  Dituntut 8 Tahun Penjara, Taufik Kurniawan; Saya Akan Cari Keadilan Sampai Akhirat

“Meskipun ada keinginan untuk di Kementerian Agama atau Perdagangan atau Koperasi UMKM maupun ATR/BPN,” kata dia, Jumat (18/10).

Pria yang akrab disapa Awiek itu mengatakan, keinginan itu merupakan aspirasi dari partai. Ia menilai pos tersebut sesuai dengan latar belakang figur PPP. “Kami hanya sebatas menampung aspirasi,” kata dia.

Dia menyebut aspirasi itu tak bisa dimaknai sebagai keharusan atau pemaksaan. Ia juga tak mempermasalahkan jika ada parpol yang hendak mengincar pos tersebut.

Baca Juga:  Daftar Anggota Komisi III DPR RI 2019-2024

Sikap serupa ditunjukkan PKB. Ketua DPP PKB, Faisol Riza, mengatakan, Cak Imin diminta untuk memperjuangkan kementerian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Posisi-posisi itu antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Sosial, Kementerian Pariwisata, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Agama (Kemenag).

“Para kiai juga menyampaikan pesan agar Cak Imin memperjuangkan 6 posisi kementerian yang dipandang bisa berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat, memelihara toleransi dan keragaman Indonesia dan berkontribusi pada ekonomi nasional,” kata Faisol Riza. (EP/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of