Mercedes Melejit, Ferrari Menjerit

0
Ilustrasi. Pembalap melaju pada seri pertama Formula1 di Australia. Foto: formula1.com

Oleh Nugroho

Adu balap mobil tercepat Formula1 dimulai. Seri pertama yang dilangsungkan di Australia, Minggu (17/3) dimenangi Valtteri Bottas dari Mercedes. Tim tersebut mendominasi balapan kemarin.

semaranginside.com, Semarang – Hasil seri pertama Formula1 di Melbourne, Australia mengejutkan bagi Ferrari. Mereka yang menunjukkan hasil baik saat latihan pramusim justru terlihat loyo. Tim yang identik dengan warna merah tersebut tertinggal dibanding para pesaingnya. Bahkan, tak ada pembalapnya yang berdiri di podium.

“Kami sangat lambat. Padahal di Barcelona (saat latihan pramusim), kami sangat senang dengan hasilnya. Saya sangat percaya diri waktu itu,” keluh Sebastian Vettel, salah satu pembalap Ferrari.

Dia lantas mengungkapkan, pada latihan bebas sebelum lomba, dia sudah tak lagi merasakan kepercayaan itu. Dia merasa mobil yang dikendarai tak lagi menurut apa yang diinginkan.

Baca Juga:  Indonesia Teken Kemitraan Ekonomi dengan Australia

“Performa kami di beberapa sudut cukup baik. Tapi di sebagian besar sudut tidak. Kami jelas lebih lambat dan karena itu kalah,” tambah pembalap asal Jerman itu.

Bagi Bottas, kemenangan kemenangan kemarin adalah yang pertama setelah terakhir kali dia menang pada 2017. Kemenangan itu sekaligus merayakan enam tahun kehadirannya di F1 sejak debut bersama Williams pada 2013.

“Saya memulai lomba dengan sangat baik. Ini jelas balapan terbaik saya. Saya tak tahu apa yang terjadi, semuanya terasa baik,” ujar Bottas.

Juara dunia musim lalu yang juga rekan setim Bottas, Lewis Hamilton berada di urutan kedua. Bagi Mercedes hal itu merupakan kabar baik. Sebab, sejarah mencatat, tim yang menduduki peringkat pertama dan kedua di Melbourne, maka pembalap yang menang akan menjadi juara dunia sedangkan timnya bakal menjadi juara konstruktor. Tentu saja, hal itu harus dibuktikan nanti.

Baca Juga:  Leclerc Raih Pole Pertama

Hamilton sendiri layak kecewa, karena dia sebenarnya memulai lomba dari urutan pertama. Hasil kemarin bahkan menjadi kegagalannya yang keenam.

Sementara peringkat ketiga berhasil diraih pembalap asal Belanda dari tim Red Bull, Max Verstappen. Ini kali pertama Max maeraih podium di Albert Park. Dia juga berhasil mematahkan sejarah dimana dalam beberapa tahun terakhir, podium dikuasai oleh Ferrari dan Mercedes.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of