Mewahnya Toyota Crown G-Executive, Mobil Dinas Menteri-Menteri Jokowi-Ma’ruf

1
Toyota Crown G-Executive. Foto: Headlightmag.com

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – PT Astra International Tbk (ASII) terpilih sebagai tender untuk pengadaan kendaraan dinas bagi menteri negara/pejabat setingkat menteri.

Pengadaan ini dilakukan pada 19 Maret 2019 lalu, dengan pagu paketnya senilai Rp152,5 miliar. Astra akan menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang dalam beberapa tahun terakhir digunakan oleh anggota kabinet.

Asisten Deputi Humas Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono Sugiarto melalui keterangan tertulis, Jumat (23/8) menyebutkan jika Toyota Crown 2.5 HV G-Executive dipilih sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon.

Eddy menyampaikan, bahwa pengadaan kendaraan itu dilakukan karena usia kendaraan telah lebih dari 10 tahun. Sementara, untuk pengadaan mobil dinas baru terakhir dilakukan pada tahun 2005 dan 2009.

“Kendaraan dinas yang VVIP Kepresidanan dan para menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun,” kata Eddy.

Ia menjelaskan mobil dinas yang sekarang digunakan membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan berbagai pertimbangan teknis.

Mulai dari faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian. Dengan pertimbangan teknis tersebut, lanjutnya, maka pengadaan mobil dinas baru dilakukan.

Baca Juga:  Kenaikan Cukai Ancam 2,5 Juta Petani Tembakau Jateng

“Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara,” ujar Eddy.

Apa saja keistimewaannya?

Crown 2.5 HV G-Executive merupakan sebuah mobil berteknologi hybrid, (Hybrid Vehicle). Teknologi mesin yang digunakan 2.487 cc Dynamic Force Engine Hybrid System dengan besaran tenaga mesin konvensional 184 ps dan torsi 221 nm. Tenaga tersebut ditambah dengan motor listrik yang sanggup lontarkan tenaga 143 ps dan torsi 300 nm.

Tampilan Crown memiliki desain yang sangat mewah. Terlihat dari bentuk grille-nya yang lebar dan disertai dengan beberapa aksen. Grille tersebut berpadu beberapa aksen krom serta lampu berbentuk horizontal.
Untuk lampu depannya sudah mengadopsi lampu LED yang dilengkapi dengan DRL. Terdapat juga lampu kabut berbentuk bulat di bagian bawah bemper.

Pada bagian belakangnya, Crown dilengkapi dengan lampu belakang LED yang berbentuk sangat cantik.

Tersemat juga 4 pipa knalpot di bagian bawah bempernya. Untuk peleknya, Toyota menyematkan pelek dengan bahan aluminium ringan berukuran 18 inci.

Di sektor baterai menggunakan Nickel-metal hydride. Kombinasi mesin konvensional dan motor listrik membuat Crown 2.5 HV G-Executive memiliki konsumsi bahan bakar 24 kilometer per liter.

Tidak hanya sekadar menawarkan kemewahan, Crown 2.5 HV G-Executive juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang tentunya akan memanjakan para penumpangnya.

Baca Juga:  Jamu PSIS, Persela Bawa Spirit Mendiang Choirul Huda

Beberapa fitur tersebut yaitu, fitur Active Noise Cancelling Technology yang dapat meminimalisir suara bising dari luar, pengaturan kursi secara elektrik, penghangat dan pendingin jok, sunroof, serta paddle shift.

Tersedia juga 2 layar head unit di konsol tengah dan dasbor, yang dapat dioperasikan dengan sentuhan tangan. Sistem infotainment ini juga sudah mampu mengakomodasi penggunaan Apple CarPlay, Android Auto, dan sistem navigasi.

Soal keamanan sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang menjadi standar Crown. Di mulai dari pre-collision safety system, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Adaptive High Beam System, hingga Road Sign Assist.
mesinnya, Crown yang dipilih kali ini memiliki jantung mekanis yang berbeda dari Crown Royal Saloon yang sebelumnya dipakai oleh para menteri. Kali ini, para menteri Jokowi tersebut akan menggunakan unit Crown bermesin bensin hybrid 2.5 liter.

Ketika pertama kali diluncurkan Juni 2018, Crown 2.5 HV G-Executive dibanderol JPY6.323.400 atau berkisar Rp843 juta. Kemungkinan besar mobil ini didatangkan dari Jepang, mengingat Toyota Astra Motor tidak memasarkan mobil. (PS/INI-Network)

1
Berikan Komentar

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Mewahnya Toyota Crown G-Executive, Mobil Dinas Menteri-Menteri Jokowi-Ma’ruf SEMARANGINSIDE.COM […]