Mimpi Jokowi Mencetak SDM Pekerja Keras dan Kuasai Teknologi

0
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Wapres Ma'ruf Amin membubuhkan tanda tangan disaksikan para pimpinan MPR saat upacara pelantikan presiden dan wakil presiden. Foto: Antara

Oleh: Suandri Ansah

Semaranginside.com, Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sumber daya manusia (SDM) akan jadi prioritas pembangunan pada periode 2019-2024. Dia dan wakilnya, Ma’ruf Amin ingin mencetak SDM pekerja keras dan dinamis.

“Membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengundang talenta-talenta global bekerja sama dengan kita,” ujar Jokowi dalam pidato pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Kompleks DPR, Jakarta Pusat, Ahad (20/10).

Menurut Jokowi, cara-cara lama dalam pembangunan harus dikembangkan dengan berbagai inovasi. Salah satunya dalam urusan pendanaan agar tak melulu bergantung pada APBN.

Baca Juga:  9.336 Calon Mahasiswa Unnes Absen Seleksi Mandiri

“Cara-cara baru harus dikembangkan. Kita perlu endowment fund (dana abadi) yang besar untuk manajemem SDM kita,” jelas Jokowi.

Dia menambahkan, kerja sama dengan industri juga penting dioptimalkan. Selain penggunaan teknologi yang mempermudah jangkauan ke seluruh pelosok negeri.

“Pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi,” imbuhnya.

Sehingga, lanjut Jokowi, akan mempermudah akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru. Mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat. (*/Dry/INI-Network)

Baca Juga:  Prabowo: Kita Pakai Konsultan Politik Bojong Koneng Aja

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of