Mudik, Bandara Jenderal Ahmad Yani Tambah Pengamanan

0
Peserta Airport Security Committee Meeting ke-2 foto bersama. Foto : ahmadyani-airport.com

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang –  Kekuatan personel keamanan dan kesiapan menjelang arus mudik Lebaran 2019 dibahas PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang dalam kegiatan Airport Security Committee Meeting ke-2 yang dilaksanakan di Ruang Rapat. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto saat memberi sambutan mengungkapkan beberapa hal yang patut diwaspadai.

“Saat ini kita perlu mewaspadai terkait isu keamanan dan yang terbaru terkait dengan penyebaran wabah penyakit cacar monyet dari Singapura, serta waspada kepada penumpang yang sudah terjangkit penyakit tersebut. Hal ini perlu penanganan dalam waktu dekat, khususnya dengan adanya penerbangan langsung dari Singapura,” terangnya dikutip dari situs resmi Bandara Jenderal Ahmad Yani, Minggu (19/5).

Selain itu, pihaknya juga berharap tambahan personel keamanan untuk meningkatkan keamanan bandara menjelang mudik.

“Dalam rangka meningkatkan keamanan di bandara menjelang Lebaran 2019, kami mengharapkan adanya penambahan bantuan personel keamanan dari TNI dan Polri guna memperketat pengamanan di bandara nantinya,” tambahnya.

Baca Juga:  Film tentang Akpol "Pohon Terkenal" Raih Banyak Penonton

Acara dilanjutkan dengan paparan terkait Kesiapan Airport Security Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Dalam Menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2019 dan Pembahasan Security Aviation Sensitive Information oleh Airport Security Screening Section Head.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Kelas II Semarang, Lanumad Ahmad Yani, Polsek Semarang Barat, Basarnas Semarang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Airnav, anak perusahaan AP1, Airlines, Ground Handling,  dan beberapa komunitas bandara lainnya.

Setelah itu, ada penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan BKIPM Semarang.

Kepala Balai KIPM Semarang R Gatot Perdana mengungkapkan peningkatan kerja sama dan sinergitas antara Balai KIPM Semarang dengan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang itu menyangkut pemeriksaan lalu lintas ikan dan hasil perikanan yang terlebih dahulu diawali Penandatangan Nota Kesepahaman di Tingkat Pusat antara Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 14 Februari 2019 lalu.

Baca Juga:  Aplikasi Ta'aruf Hadir di Semarang

“Perjanjian kerja sama ini merupakan koordinasi yang berkaitan dengan upaya operasional komoditi perikanan yang dapat dilaksanakan dengan baik untuk menghindari penyelundupan (komoditi perikanan yang dilarang) didominasi dengan jenis benih lobster,” ujar Gatot.

Gatot berharap komoditi perikanan yang masuk dan keluar melalui Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani dapat ditangani sesuai dengan prosedur. Selain itu Gatot juga menyampaikan apresiasinya kepada petugas Airport Security yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan coral di Bandara Jenderal Ahmad Yani beberapa waktu lalu.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of