Mudik, Jateng Waspadai Cacar Monyet

0
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo. Foto: kanal kesehatan.

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Meski belum ditemukan kasus monkeypox (cacar monyet) di Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Jawa Tengah tetap mewaspadai penyakit tersebut. Apalagi sebentar lagi adalah mudik lebaran, banyak warga Jawa Tengah yang merantau dari luar pulau atau luar negeri akan pulang ke kampung halamannya.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pihaknya sangat mewaspadai momen tersebut. Terutama para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang kampung.

Saat ini kedatangan TKI dari Singapura sudah pasti mendapat pengawasan di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang maupun Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. Pengawasan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan.

Baca Juga:  PKS Jateng Siapkan Posko Mudik Plus Plus

“Sampai saat ini di Jawa Tengah belum ada laporan tentang monkeypox. Mudah-mudahan tidak ada yang masuk di Jawa Tengah. Makanya, di pintu-pintu masuk itu pengamanannya cukup ketat sekarang. Pintu masuknya di bandara dan pelabuhan diperketat,” kata Yulianto,Minggu (26/5).

Selain pengetatan pengawasan, Dinkes juga melakukan edukasi pada masyarakat. Edukasi yang dilakukan dengan melakukan kunjungan ke daerah-daerah. Jika ada laporan masyarakat dan tanda-tanda yang mengarah ke penyakit tersebut, seperti gejala panas hingga lima hari, pihaknya langsung menindaklanjutinya.

Baca Juga:  Luar Biasa, Nenek 87 Tahun dan Miliki 29 Cucu Ini Meraih Gelar Sarjana

Masyarakat juga diimbau untuk berhati-hati jika melakukan kontak dengan orang yang tinggal atau bekerja di Singapura dan Afrika. Sebab, kedua negara itu saat ini diduga sebagai lokasi penyebaran virus cacar monyet.

“Masa inkubasi cacar monyet ini cukup lama, rentang waktu lima hari sampai tiga pekan. Jadi, kalau yang habis bepergian dari Singapura kita sarankan untuk memeriksakan kesehatan ke rumah sakit atau pusat kesehatan terdekat,” ujarnya. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of