Museum Jateng Koleksi 60.000 Benda Bersejarah

0
Museum Jateng Ranggawarsita. Foto: istimewa

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Museum Jateng atau yang biasa disebut Museum Ranggawarsita memiliki hampir 60.000 barang koleksi. Dengan koleksi sebanyak itu, museum yang terletak di Jalan Abdurrahman Saleh Kota Semarang ini cocok untuk wisata maupun edukasi.

Pemandu Museum, Tri Lestari Budi Rahayu menjelaskan, koleksi sebanyak itu terbagi 10 jenis mulai geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika hingga numismatika. Museum Ronggowarsito secara diresmikan pada Juli 1989 oleh Prof Dr Fuad Hasan. Bangunannya dibagi menjadi empat berdasarkan barang koleksi.

Tri mengatakan, Gedung A lantai satu merupakan ruang sejarah bertemakan alam, misalnya awal terbentuknya dunia, mulainya kehidupan manusia, dan lainnya. Memasuki ruangan ini pengunjung menyaksikan beberapa koleksi yang berkaitan dengan alam, seperti batu-batuan, dan benda benda mineral tambang lainnya.

Baca Juga:  Komitmen Anti Korupsi Partai Berkarya tak Perlu Diragukan

Di Gedung B, terdapat koleksi zaman prasejarah, mulai fosil hewan, manusia purba. Di sini ada pula koleksi zaman Jawa Tengah Klasik, seperti prasasti, candi, arca. Ruangan ini juga menyajikan miniatur tempat peribadatan seperti candi dan masjid. Di gedung B lantai dua, adalah tempat yang sangat sesuai bagi anda pecinnta batik dan keramik.

Sedangkan di Gedung C dipamerkan koleksi-koleksi sejarah masuknya Islam dan pergerakan perjuangan. Banyak tersedia koleksi seperti replika masjid, senjata tradisional Indonesia, foto-foto peristiwa penting, serta diorama perjuangan pahlawan dalam memperjuagkan kemerdekaan.

Di gedung D dipamerkan barang bersejarah pada era pembangunan di Indonesia, mulai dari pembangunan fisik seperti ekonomi, pendidikan, dan industri sampai pembangunan non fisik seperti sosial budaya, politik dan agama. Serta dipamerkan beberapa koleksi kekayaan kesenian Indonesia, seperti barang yang berhubungan dengan seni musik seperti gamelan, ukiran, pakaian adat, kuda lumping dan barongan.

Baca Juga:  Rencana Ditutup Bulan Ini, Nasib Lokalisasi Sunan Kuning Belum Jelas

“Di sini terdapat 59.802 benda sejarah di Ronggowarsito yang sampai saat ini masih tersimpan dengan baik,” kata Lestari, Rabu (28/8).

Dia menambahkan, benda koleksi Museum Ranggawarsita berasal dari hibah masyarakat, penemuan dari eksavasi, benda-benda titipan dari balai cagar budaya maupun benda pinjam pakai dari museum lain.

Namun yang paling banyak jenisnya adalah dari numismatis atau berupa mata uang kuno, yaitu sebanyak 44.966 keping. Mata uang tertua yang tersimpan di sini paling tua dari Abad VIII peninggalan Kerajaan Majapahit. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of