Musim Hujan Molor, Jateng Malah Naikkan Target Produksi Beras

0
Ilustrasi. Sebagian sawah di Jateng masih terus berproduksi. (Foto : pixbay.com)

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Musim hujan yang diprediksi mundur satu bulan. Namun diprediksi tidak berpengaruh pada produksi padi di Jawa Tengah. Bahkan, Pemprov Jateng justru menaikkan target produksi berasnya, yang semula ditargetkan 8 juta ton pada 2018 menjadi 11 juta ton pada 2019.

Kabid Penyuluhan Pasca Panen dan Bina Usaha Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Farid Mufti mengatakan pada periode Januari 2019 hingga September, realisasi target produksi beras sudah mencapai 8 juta ton. Masyarakat diminta tidak perlu khawatir jika masa tanam mundur karena cadangan beras masih cukup.

“Jateng masih cukup cadangan beras, karena di musim kemarau ini tidak terjadi banyak gejolak. Musim hujan mundur perkiraan hanya satu bulan tidak jadi masalah,” kata Farid, Rabu (9/10).

Baca Juga:  Fenomena Kemarau Tapi Mendung di Semarang

Meskipun masa tanam mundur, namun ada sebagian wilayah di Jateng saat ini sudah mulai melakukan masa taman, seperti di Kabupaten Sukoharjo yang memulai tanam pada Agustus lalu.

Belum adanya hujan intensitas sedang hingga tinggi pada bulan ini memang dirasakan memberikan dampak pada masa tanam saja. Namun pada November mendatang, sesuai prakiraan BMKG masuk musim hujan sehingga kegiatan pertanian akan berjalan lancar.

“Hambatan kita di awal tanam saja saat menentukan kapan waktu yang tepat. Ke belakangnya justru ada kemudahan dalam melakukan tanam karena hujan sudah tercukupi,” terangnya.

Baca Juga:  Kekeringan di Jateng Meluas hingga 28 Kabupaten/kota

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso mengatakan, musim hujan di Jawa Tengah secara umum diprediksi terjadi pada awal November 2019. Namun pada Oktober beberapa tempat di daerah pegunungan seperti Wonosobo bagian barat, Banyumas, Banjarnegara, Cilacap Pekalongan, Tegal, Pemalang, dan Brebes sudah mulai hujan.

“Ada pula yang akan hujan pada awal Desember mendatang, yaitu daerah pantai utara, seperti Rembang, Kudus, Jepara dan Demak,” ungkapnya.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of