Nasihat UAS pada Pedagang Pasar

0
Ustaz Abdul Somad di Masjid Istiqomah,‎ lantai III Pasar Petisah, Medan Baru. Foto: INI-Network

Oleh: Anita Sinuhaji

Semaranginside.com, Medan – Islam tidak melarang jual-beli atau berdagang, tetapi malah menganjurkannya. Hal itu juga dikuatkan dengan sejumlah ayat dalam Alquran.

‎”Namun, banyak ibu-ibu sebelum ikut pengajian sangat semangat berdagang. Ketika ikut pengajian malah kurang semangat karena ingat mati. Jangan takut pada kematian, tapi yang kita takutkan apa bekal setelah mati,” ujar Ustaz Abdul Somad, LC, MA, di Masjid Istiqomah,‎ lantai III Pasar Petisah, Medan Baru, dengan tema ‘Kajian Akbar’, Kamis (14/11).

Dalam kegiatan yang dihadiri Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Rusdi Sinuraya dan jajaran serta ratusan pedagang itu, Ustaz Abdul Somad meminta, setelah mengikuti kajian hendaknya semakin semangat berjualan dan niatkan untuk ibadah.

Baca Juga:  Ulama Khasyaf dan Pesan untuk Prabowo

“Jadikan berdagang sebagai ibadah, misalnya berorientasi untuk membangun masjid. Sebab, orang yang membangun masjid, maka pahalanya akan mengalir sampai kiamat,” sebutnya.‎

Dia juga meminta agar para pedagang senantiasa jujur dan amanah. Sebab pedagang yang jujur dan amanah, akan bersama Nabi Muhammad SAW dan orang-orang saleh di surga. “Jadi, niatkan berdagang untuk ibadah dan mencari rida Allah,” pesannya seraya menyampaikan cara menghitung zakat bagi para pedagang.‎

Sementara, Ketua Panitia Novi Zulkarnain, SH, MH menambahkan, kegiatan digelar Badan Kenaziran Masjid (BKM) Istiqomah dan didukung Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya, berupa kerja sama dan pengadaan sarana serta prasarana‎.

Baca Juga:  Ustaz Somad: Ayo Bantu Korban Kerusuhan Wamena

“‎Ini momen bersejarah bagi kami, terutama para pedagang, sekaligus menunjukkan kerja sama yang terjalin baik antara PD Pasar dengan pedagang,” sebut Novi.

Dia berharap, dengan kegiatan ini‎, Pasar Petisah semakin dikenal dan gaungnya hingga ke tingkat nasional. Apalagi, selama ini Pasar Petisah juga diketahui sebagai salah satu ikon pasar di Kota Medan. Sehingga ke depan diharap semakin banyak didatangi masyarakat. Dengan demikian, akan membantu geliat ekonomi para pedagang,” tutupnya.‎

(Far/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of