Negara Harus Melindungi Hak-Hak Masyarakat

0
Benny Danang saat berbicara pada kuliah umum di Unika. Foto : unika.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Melihat prinsip demokrasi yang dianut Indonesia yaitu demokrasi Pancasila, maka ada beberapa prinsip yang harus diketahui yaitu adanya persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia, keseimbangan antara hak dan kewajiban, kebebasan yang bertanggung jawab, mewujudkan rasa keadilan sosial, pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat, mengutamakan keputusan dengan musyawarah mufakat, serta menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Unika Soegijapranata sekaligus dosen Prodi Ilmu Hukum FHK Unika Benny Danang Setianto SH LLM MIL. Benny mengungkapkan hal tersebut pada kuliah umum yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata.

Baca Juga:  Mahasiswa Arsitektur Unika Belajar lewat Video Game

Benny juga mengungkapkan peran negara dalam penyelenggaraan kepentingan bersama (rakyat).

“Tugas utama negara adalah menyelenggarakan kepentingan bersama, maka konsekuensinya ada hak-hak tertentu dari masyarakat atau individu yang diserahkan kepada negara untuk kepentingan bersama,” katanya dikutip dari situs resmi Unika.

Lebih lanjut Benny juga menekankan perlunya diperhatikan akan perlindungan hak-hak masyarakat atau individu melalui perumusan konstitusi serta hak azasi manusia saat penyerahan hak tersebut.

Disamping itu, pada acara yang digelar pertengahan pekan lalu, dia mengingatkan perlu dilihat juga aspek kepentingan bersama yang dituju.

Baca Juga:  Perpustakaan Unika Gunakan Teknologi VR

“Karena seperti yang terjadi pada aksi yang saat ini sedang ramai di Indonesia, kita bisa lihat siapa yang paling diuntungkan. Dari situ kita bisa melihat pula kepentingan apa yang yang diusung, apakah kepentingan politik ataukah kepentingan ekonomi,” tegasnya.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of