Nekat Mangkal di RSUD Ketileng, Satpol PP Tertibkan PKL

0
Satpol PP Kota Semarang menertibkan 22 PKL yang berdiri di atas saluran, Senin (12/8). Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Satpol PP Tertibkan 22 Lapak PKL di Atas Saluran

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menertibkan sebanyak 22 lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar RSUD Wongsonegoro (Ketileng) Kota Semarang. Mereka terpaksa berurusan dengan Satpol PP Kota Semarang lantaran nekat berjualan di saluran air.

Ketua Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengaku heran pada para PKL yang ditertibkan. Pasalnya, Pemerintah Kota Semarang telah memiliki Peraturan Daerah tentang larangan mendirikan lapak atau berjualan di atas saluran.

Baca Juga:  Pengajuan Dispensasi Tinggi, Jateng Antisipasi Pernikahan Dini

“Kota Semarang ini sudah baik, sudah didanai ratusan miliar, saya minta masyarakat juga peduli terhadap kota ini, jangan dikotori,” kata Fajar, di sela-sela penertiban PKL, Senin (12/8).

Menurut Fajar, PKL yang menggunakan lahan di atas saluran tersebut membuat keindahan Kota Semarang menjadi hilang. Selain itu, para PKL juga kerap kali menggunakan trotoar sebagai tempat berjualan yang dan merebut hak pejalan kaki.

Dia meminta para lurah dan camat setempat ikut aktif dalam pencegahan menjamurnya PKL yang tidak sesuai aturan. Jika lurah dan camat aktif dalam melarang pendirian PKL ilegal, maka penataan kota akan semakin mudah.

Baca Juga:  Didampingi Ganjar, Raja Malaysia Piknik di Borobudur

“Lurah dan camat harus aktif memberikan teguran kepada mereka yang mendirikan lapak di tempat terlarang, tembusan kepada kami. Begitu sudah tiga kali teguran tidak diindahkan, kami langsung eksekusi,” tegasnya.

Sebelumnya, Satpol PP Kota Semarang telah menertibkan 50 titik PKL dalam sepekan terakhir. Penertiban yang dilakukan di antaranya di Jalan Pemuda, seputaran Tawang, Jalan Inspeksi, Jalan Imam Bardjo, seputaran Taman Indonesia Kaya, dan seputaran Kawasan Kota Lama. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of