Nuklir Ternyata Bisa untuk “Percantik” Buah

0
Ilustrasi Buah. Foto: Istimewa

Oleh: Suandri Ansah

Semaranginside.com, Jakarta – Siapa bilang nuklir hanya bisa digunakan untuk persenjataan maupun pembangkit listrik. Nyatanya, nuklir juga bisa digunakan untuk mempercantik buah, seperti yang diungkapkan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang Brodjonegoro.

Dia menceritakan, pernah ada upaya ekspor buah-bahan ke Jepang. Sayangnya produk hortikultura Indonesia itu tak diterima di sana karena mengndung lalat buah.

“Waktu itu ada upaya ekspor buah ke Jepang yang gagal karena buah dari Indonesia masih mengandung lalat buah. Artinya kita masih kurang cermat dalam menyiapkan produk ekspor pertanian,” ujar Bambang dalam Rakornas Kadin di Jakarta Pusat, Selasa (5/11).

Dia melanjutkan, saat melakukan kunjungan ke Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dia diberitahukan bahwa teknologi nuklir juga bisa digunakan untuk pembersihan buah-buahan. Dia ditunjukkan teknologi nuklir untuk menghilangkan bakteri.

“Mereka sudah punya teknologi dengan sentuhan nuklir untuk menghilangkan semua bakteri dan lalat buah. Sehingga buahnya insyaallah sudah siap masuk pasar ekspor,” kata Bambang.

Menurutnya, jika buah-buahan yang dikapalkan Indonesia sudah bersih, tidak ada alasan bagi negara pengimpor untuk menolak. Meskipun pada sisi lain bisa dipahami jika ada upaya pembatasan dari negara yang bersangkutan.

“Tapi kalau dari kita sudah bersih dan dengan sentuhan teknologi tadi bisa maka itu akan jadi solusi,” tegas Bambang. (*/Dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of