Nyaamm…. Lezatnya Rendang Telur Khas Minangkabau

0

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Semaranginside.com, Jakarta — Jika selama ini kita mengenal jenis rendang adalah rendang daging, masyarakat minangkabau juga memiliki olahan rendang lain. Namanya rendang telur kering. Makanan ini merupakan jenis olahan masakan khas Minangkabau, Sumatra Barat.

Jika biasanya kita mengenal rendang hanya dengan isian daging sapi dengan kuah kental yang merah cokelat pekat, rendang yang satu ini memiliki tampilan yang berbeda. Terbuat dari telur ayam, rendang telur yang lebih mirip dengan abon, karena memiliki tekstur yang kering dan bercita rasa gurih renyah. Tak hanya lezat untuk dijadikan pelengkap nasi hangat, rendang kering ini juga cocok untuk dijadikan camilan.

Rendang ini terbuat dari putih telur yang dikukus kemudian diiris tipis-tipis dan digoreng hingga kering. Barulah dimasak bersama dengan bumbu rendang sepeti biasa lazimnya rendang daging. Rendang telur ini dimasak hingga bumbu mengering, tetapi tidak sampai gosong atau kehitaman. Rendang telur ini sangat awet tak perlu dihangatkan kembali. Karena sudah mirip dengan abon sapi. Bahkan bisa jadi oleh-oleh yang menarik untuk keluarga dan teman-teman karena tahan lama. Di Jakarta, rendang telur ini hanya bisa ditemui saat ada pameran pangan atau industri rumahan, dan mulai dijual di ranah pasar online. Olahan rendang telur ini dihargai cukup mahal, mulai dari Rp 20.000 per 100 gram. Tertarik untuk membuatnya sendiri? Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan:
– 150 gram tepung terigu
– 10 butir telur ayam
– 1/2 sendok teh garam
– Daun salam
– Batang serai, ditumbuk
– 5 lembar daun jeruk
– 500 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
– 300 ml air

Bumbu Halus:
– 1 cm kunyit
– 10 buah cabai merah keriting
– 8 siung bawang merah
– 4 siung bawah putih
– 2 ruas jari lengkuas
– 2 ruas jari jahe
– 1 sdm gula pasir
– 2 sdt garam
– 1 sdm merica
– 1 sdm ketumbar

Cara Membuat Rendang Telur Kering
1. Campurkan telur, terigu, garam dan air, silahkan diaduk hingga rata.
2. Kemudian buatlah dadar dari adonan telur itu.
3. Potong-potong dadar telur tersebut.
4. Goreng dengan api sedang atau kecil hingga mekar dan kering, silahkan panggang dengan oven untuk membuat telur benar-benar kering.
5. Panaskan makan minyak goreng, kemudian tumis serai, daun jeruk, daun salam dan bumbu halus, hingga harum.
6. Tuangi santan ke dalam tumisan tadi dan aduk.
7. Masak dengan api kecil sambil di aduk-aduk hingga kering dan bumbu menjadi mengering.
8. Setelah kering, masukkan telur ke dalam bumbu yang telah mengering tadi, kemudian aduk hingga merata. Angkat dan dinginkan.
9. Rendang telur siap disajikan.

Semoga artikel ini bermanfaat. (*/Dry/Ags/INI- Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of