Ombudsman Pantau Website aduanasn.id

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah saat ini sedang mengamati portal aduan Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait radikalisme. Ombudsman menyarankan website aduanasn.id ini juga dapat juga menampung aduan tentang pelayanan ASN kepada masyarakat.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah, Siti Farida mengatakan persoalan ASN bukan saja tentang paparan radikalisme, namun juga bagaimana pelayanan yang dilakukan pada masyarakat.

Menurutnya, aplikasi atau website lebih gencar disosialisasikan secara intensif kepada masyarakat. Hal itu perlu dilakukan agar tidak menimbulkan gesekan di masyarakat, menginggat radikalisme merupakan masalah sensitif.

Baca Juga:  Enam Kali Gempa Terdeteksi di Gunung Merapi

Dia berharap portal ini tidak hanya menampung aduan, tetapi juga tindak lanjut mengenai aduan tersebut beserta verifikasi dan investigasi yang seimbang. Siti tidak ingin adanya putusan tanpa melibatkan atau menerima klarifikasi dari aduan tersebut.

“Karena ini portal aduan, tindak lanjutnya pun sebaiknya juga berimbang antara kedua belah pihak. Jangan sampai nantinya terdapat putusan terkait aduan tanpa melibatkan pihak yang dilaporkan,” jelasnya.

Pemerintah juga diharapkan bijak dalam menyikapi laporan masyarakat terhadap ASN yang terindikasi radikalisme serta diperlukan investigasi dan keputusan yang tepat.

Baca Juga:  Cerita Mas Antok, Si Koki Bar-Bar yang Lagi Viral 

Siti farida menilai, portal ASN terindikasi radikalisme merupakan respons pemerintah terhadap isu terhadap paham yang dikaitkan dengan terorisme. Namun dia menyebutkan, akan kurang efektif jika hanya difokuskan untuk satu hal saja. Padahal hal yang terkait ASN masih banyak, terutama tugas utamanya sebagai pelayan masyarakat.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of