Pemain PSIS Cemerlang di Timnas U-16

0
Suasana latihan Timnas U-16. Foto : pssi.org

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Pemain muda PSIS Franciscus Valentino Amaral kian cemerlang setelah bergabung dengan Tim Nasional U-16. Di bawah asuhan pelatih Bima Sakti, dia mampu membuktikan sebagai striker tajam. Pada uji coba terakhir sebelum libur Lebaran akhir pekan lalu, Amaral mencetak satu-satunya gol yang membawa kemenangan Timnas U-16 atas Sister City DKI.

Amaral merupakan remaja kelahiran Semarang, 17 Februari 2005. Dia saat ini tercatat sebagai pelajar SMP 12. Situs resmi Dinas Pendidikan Kota Semarang mengungkap, Amaral pernah meraih juara pertama Gala Siswa Indonesia, Kompetensi Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 2018.

Amaral diketahui berlatih sepak bola sejak SD. Pada 2012-2015 dia bergabung dengan SSB Undip. Kemudian dia pindah ke SSB Tugu Muda, EPFC, dan Bina Taruna. Meski demikian, situs resmi PSSI menyebut Amaral sebagai pemain PSIS. Dia merupakan satu-satunya pemain PSIS dalam Timnas U-16.

Baca Juga:  Jafri Sastra Puji Para Pemain PSIS

Saat ini Timnas U-16 disiapkan untuk Piala AFF U-15 pada 22 Juli – 9 Agustus 2019 mendatang di Thailand. Bima telah menyelesaikan seleksi pertama dengan memangkas tim dari 41 menjadi 28 pemain. Pada seleksi itu Amaral lolos.

Selain melawan Sister City DKI, uji coba pertama di GOR Pajajaran, Bogor, akhir pekan lalu juga menghadapi Tim Liga Kompas Gramedia U-15. Pertandingan tersebut berakhir tanpa gol.

“Saya memaklumi karena ini uji coba pertama. Jadi pemain perlu adaptasi lebih. Tapi Alhamdulillah mereka masih bisa memberikan yang terbaik. Masih banyak yang perlu kami evaluasi. Salah satunya, kerja sama tim belum rapi. Kami punya rekaman video dan akan kami evaluasi,” ujar Bima dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (28/5).

Baca Juga:  Permainan PSIS Meningkat

Setelah pemusatan latihan dan seleksi kemarin, Bima dan timnya dibubarkan untuk sementara. Para pemain nantinya akan menjalani seleksi tahap kedua yang rencananya akan dimulai pada 13 Juni mendatang. TC tahap kedua nanti dijadwalkan akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi.

Beberapa pemain baru, pada tahap juga direncanakan akan dipanggil oleh tim pelatih untuk mengikuti seleksi. Mereka kemudian akan dipantau secara khusus selama empat hari dan jika performa mereka tidak memuaskan akan langsung kembali dipulangkan.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of