Pembukaan ASEAN School Games Tidak untuk Umum

0
@aseanschoolgames

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – ASEAN School Games XI akan digelar 17-25 Juli di Kota Semarang. Pembukaan ajang olahraga untuk pelajar tersebut akan dilangsungkan pada Kamis (18/7) di Holy Stadium Terang Bangsa School. Situs resmi Pemkot mengumumkan hari ini, upacara pembukaan tak dibuka untuk umum.

“Upacara pembukaan memang tidak dibuka untuk umum karena ditakutkan akan terjadi penumpukan penonton yang begitu antusias di arena tersebut,” rilis Pemkot Semarang, Selasa (16/7).

Holy Stadium Terang Bangsa School sebagai tempat pembukaan mampu menampung 7.500 penonton. Seluruhnya sudah direncanakan merupakan tamu undangan serta peserta. Rinciannya yakni 4.000 undangan pelajar se-Kota Semarang, peserta ASG 1.600 orang, delegasi dari negara ASEAN 200 orang, kepanitiaan 2.000 orang, dan digenapi oleh tamu undangan lainnya.

Baca Juga:  ASG 2019; Dua Pesilat Tuan Rumah Melaju ke Semifinal

Beberapa menteri dari negara tetangga seperti Brunei Darussalam, Malaysia dan Kamboja akan turut hadir di Kota Semarang. Hal ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kota Semarang. Mengingat pada penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada menteri yang datang.

Upacara pembukaan itu nanti juga akan dimeriahkan sajian beragam kesenian dari Jawa Tengah. Selain itu juga akan tampil artis ibu kota untuk membakar semangat para peserta.

Sepuluh negara anggota ASEAN akan berpartisipasi. Mereka yakni Indonesia, Malaysia, Laos, Vietnam, Thailand, Kamboja, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Dan Myanmar. Pesta olahraga pelajar terbesar se-Asia Tenggara tersebut akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga yakni atletik, bola basket, bola voli indoor, tenis lapangan, sepak takraw, renang, bulu tangkis, dan pencak silat.

Baca Juga:  Inginkan Juara Umum, Menpora Targetkan 50 Medali Emas di ASG Semarang

Besok, bakal ada penyambutan kedatangan peserta dan pengambilan api abadi di Mrapen, Purwodadi, pada pukul 10 pagi. Api tersebut selanjutnya dibawa dan disimpan di Balai Kota Semarang sebelum pada 18 Juli dibawa menuju Holy Stadium.

Agenda utama yaitu pertandingan tiap-tiap cabang akan diselenggarakan pada 19-23 Juli  dan ditutup pada 24 juli di Candi Borobudur.

Venue yang akan digunakan antara lain stadion Tri Lomba Juang Semarang, kolam renang Stadion Jatidiri, dan beberapa sarana olahraga di kampus-kampus di Kota Semarang.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of