Penyanyi Indonesia Claudia Emmanuel Menangi The Voice of Germany

0
Claudia Emmanuela Santoso meraih juara The Voice of Germany. Foto: instagram

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Publik Indonesia tengah berbangga. Penyanyi muda berbakat asal Cirebon, Claudia Emmanuela Santoso memenangkan acara bakat bernyanyi di Jerman, The Voice of Germany.

Pada penampilan perdananya, para dewan juri yang terdiri dari Rea Garvey, Sido, Alice Merton dan Mark Forster, semuanya membunyikan bel ketika Claudia menyanyikan “Never Enough” dari film The Greatest Showman. Kekuatan vokalnya memesona para penonton dan dewan juri, seperti dilansir DW, Senin (11/11).

Perjalanan panjang gadis berusia 18 tahun ini, dimulai ketika ia pindah dari Indonesia ke Jerman pada tahun 2018 lalu dan segera mendaftar untuk acara casting. Dia mengambil kelas bahasa Jerman di Indonesia selama tiga bulan. Claudia menambahkan bahwa dia dan sepupunya, yang juga menghadiri kelas tersebut, sering menonton The Voice of Germany. “Saya pikir jika suatu hari saya tinggal di Jerman, saya ingin ikut audisi,” kenang Claudia.

Bakat yang dimilikinya tidak hadir dalam satu malam. Claudia tercatat bersekolah musik pada usia empat tahun. Ia mengambil pelajaran piano dan biola juga olah vokal.

“Yang paling penting bagi saya adalah menciptakan sesuatu, lagu saya sendiri atau tunggal,” katanya. “Saya ingin memberikan konser sendiri, tetapi saya juga ingin melanjutkan studi,” ungkapnya.

Saat ini, Claudia tengah belajar musik di Munich. Selain bermusik, wanita muda ini juga aktif dalam komunitas Indonesia.

(PS/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of