Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Jawa

0

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Mas mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, Rabu (15/5). Gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian tengah dan perairan selatan Kalimantan. Peringatan tersebut berlaku pada pukul 07.00 hingga Kamis (18/5) pukul 07.00.

Prakirawan Shafira Tsanyfadhila pada rilisnya meminta pada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap waspada.

Baca Juga:  Potensi Tsunami di Pandeglang, BMKG: Segera Mengungsi

Dia juga mengingatkan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Perahu nelayan diminta waspada dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Sementara kapal tongkang berisiko bila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Kapal ferry berisiko bila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau pesiar berisiko bila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

Baca Juga:  Peringatan Gelombang Laut Tinggi di Jawa Tengah-DIY

Peringatan dini gelombang tinggi juga dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap. Prakirawan Roosdiana Intan Azhari mengungkapkan, tinggi gelombang 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta dan juga Samudera Hindia selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, serta Yogyakarta.

Peringatan dini tersebut berlaku hari ini hingga besok pukul 07.00.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of