Perupa Semarang Ikuti Pameran di Solo

0

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Beberapa perupa di Kota Semarang akan berpatisipasi pada pameran bersama di Taman Budaya Jawa Tengah, Solo. Kegiatan bertajuk Pameran Lukisan Jawa Tengah tersebut menurut rencana akan dibuka Senin (21/1) malam nanti. Pameran akan berlangsung hingga Kamis (24/10) di Galeri Seni Rupa.

Beberapa nama yang bakal mengikuti pameran tersebut yakni Darma Lungit, Heriwanto, Setio Utomo HS, serta Tiyok Black. Selain itu juga ada Bambang S, Aziz, Gunawan, dan Agus Widodo. Karya mereka akan dipajang bersama pelukis-pelukis dari daerah lain seperti Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, Sragen, Boyolali, Salatiga, Kabupaten Semarang, Temanggung, Magelang, Demak, serta Jepara.

Baca Juga:  Meneguhkan Seni Rupa Bandung

Salah seorang perupa Gunawan mengungkapkan, pameran tersebut menunjukkan potensi seni rupa di Jawa Tengah.

“Kami dari Semarang beserta rekan-rekan dari Demak dan Jepara bisa disebut mewakili daerah Pantura. Jumlahnya sekitar 15 orang,” terangnya.

Dia mengakui, lokasi tinggal para perupa kadang ikut mempengaruhi garis dan warna karya masing-masing. Karena itu, menurutnya menarik untuk dicermati pada pameran nanti bagaimana karya perupa yang tinggal di pesisir bersanding dengan karya mereka yang ada di daerah tengah.

Baca Juga:  Pilunya Pemilu dalam "Balada Janji"

Pria yang juga menjabat Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Semarang tersebut melihat, akhir-akhir ini ada semangat baru dalam dunia seni rupa. Bila Beberapa waktu silam sempat dikeluhkan sepi, kini dunia seni rupa terutama di Jawa Tengah seolah bangkit lagi.

“Hal itu bisa dilihat dari berbagai pameran yang digelar di beberapa daerah. Pameran di Solo nanti merupakan salah satunya,” terang Gunawan.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of